√8+ Alat Musik Bengkulu (Gambar dan Penjelasan)

alat musik bengkulu
https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/

Alat Musik Bengkulu- Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, salam sejahtera bagi kita semua. Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali budaya, ada rumah adat, makan adat, dan tak lupa yaitu alat musik dan yang mau kita bahas kali ini adalah alat musik Bengkulu.

Sebelum kita lanjutkan, sebenarnya masih banyak lagi di antara alat musik daerah khususnya di Indonesia. Ada alat musik sumatera utara, alat musik Jambi, alat musik aceh, alat musik Riau, ini masih di lingkup pulau Sumatera, Belum alat musik betawi yang ada di jakarta.

Semoga dengan adanya artikel-artikel tentang kebudayaan di Indonesia, membuat kita semakin menambah informasi umumnya dan menabah cinta kita kepada kebudayaan di negeri ini. Supaya kita menjaga dan mengembangkannya supaya kelak anak cucu kita masih bisa melihat.

Selamat membaca, mohon maaf kalau pembuka ini kurang enak untuk di baca.

Daftar Alat Musik Bengkulu Gambar dan Penjelasan

Seperti daerah yang lain, Bengkulu juga mempunyai alat musik tradisional yang ada sejak zaman dahulu. Seni dan hiburan adalah salah satu kebutuhan masyarakat Bengkulu dari dulu hingga sampai sekarang. Maka tak heran jika kecintaan terhadap budaya itu muncul pasti budaya iku akan lestari.

Sedangkan dalam acara adat dan pernikahan antara pria dan wanita, masyarakat setempat masih memakai alat musik yang khas dari Bengkulu.

Berikut ini adalah beberapa daftarnya:

1. Alat Musik Serunai

alat musik serunai
picture by kamera budaya.com

Yang pertama adalah Serunai, Serunai juga diakui termasuk dalam alat musik Sumatera Barat. Terutama di bagian dataran tinggi seperti di daerah Agam, Tanah Datar, 50 kota dan juga di sepanjang pesisir pantai Sumatera Barat.

Di daerah Bengkulu sendiri, Serunai sering di gunakan dalam acara-acara adat. Misalnya upacara pengantin belarak, pengiring tari pedang yang biasanya juga di iringi dengan gendang dan alat musik lainnya.

Alunan atau nada dari alat musik Serunai ini sangat (khas) berbeda dari alat musik tiup yang lain. jadi tidak heran lagi kalau masyarakat setempat sangat menyukai alunan musik Serunai ini.

2. Alat Musik Akordion/Harmonium

alat musik harmonium
istokphoto.com

Alat musik selanjutnya adalah Akordion atau Harmonium, alat musik ini berbentuk persegi panjang. Terbuat dari kayu, kulit dan logam, Akordion ini mempunyai dekorasi ukir yang,ornamen geometris dan assesoris tombol tiga buah.

Cara memainkan alat musik Bengkulu ini dengan cara menekan tombol lidah-lidah yang bergetar karena ada angin yang di pompa.

Akordion ini juga bagian dalam alat musik gambus, biasanya digunakan dengan alat musik biola dan rebab.

3.Alat Musik Kulintang/kolintang

alat musik kolintang
http://larchviz.blogspot.com

Alat musik tradisional selanjutnya adalah Kulintang yaitu barisan gong kecil yang tersusun rapi mendatar dalam wadah yang terbuat dari kayu, dan kulintang sering di gunakan sebagai alat gong modern.

Tempat kulintang ini terbuat dari kayu yang kuat dan juga ringan, supaya mengeluarkan suara yang indah.

pada perkembangan zaman sekarang kulintang hampir sulit ditemukan, di karenakan semua fungsinya rata-rata sudah di gantikan dengan suara di perangkat elektronik untuk meniru suara yang dihasilkan.

4. Alat Musik Doll

alat musik doll
bengkulupunya.com

Menurut Cerita mengenai alat musik Doll ini, ketika pada zaman dahulu, Doll merupakan alat musik yang di mainkan ketika hanya pada saat perayaan Tabot, dalam rangka mengenang wafatnya cucu Rosullullah Muhammad SAW.

Cara memainkan alat musik ini dengan cara di pukul, ini juga seperti toto buang yang ada di alat musik maluku.

Dan uniknya lagi para penabuh Doll ini bukanlah orang sembarangan melainkan harus keturunan Tabot, yaitu warga Bengkulu keturunan india yang sering di sebut sipia.

Doll di kenalkan pertama kali oleh masyarakat muslim India yang datang ke Indonesia pada waktu kolonial Inggris sedang membangun benteng Malborough.

Akhirnya mereka menikah dengan orang lokal Bengkulu, dan garis keturunannya di sebut sebagai Tabot.

Dan yang memainkan alat musik Bengkulu  ini hanya boleh di mainkan oleh orang-orang yang mempunyai hubungan darah dengan keluarga Tabot.

Doll sekilas berbentuk mirip seperti bedug, mempunyai bentuk setengah bulat dan lunjong dan mempunyai ornamen warna-warni.

Doll biasanya terbuat dari kayu atau bonggol kelapa ada juga yang terbuat dari kayu pohon nangka, sedangkan harga aalat musik dol Bengkulu terbilang lumayan mahal di atas 1 juta.

Alat musik ini mempunyai diameter sekitar 70-125 cm dengan tinggi sekitar 80cm.

Dan alat pemukulnya mempunyai diameter 5cm dan panjangnya 30 cm.

5. Alat Musik Tasa

antarfoto.com

Alat Tradisional selanjutnya adalah Tesa termasuk salah satu alat musik tradisional Bengkulu alat musik ini mirip seperti Rebana. Tesa terbuat dari bahan tembaga, besi plat dan alumunium dan juga bisa dari kuali yang pada permukaannya di tutup dengan kulit kambing yang telah di keringkan.

Tesa biasa di mainkan bersama dengan Doll pada acara Tabot.

6. Alat Musik Redap

Redap terbuat dari bahan kayu, rotan dan juga kulit binatang biasanya kulit sapi atau kambing.

Cara memakai Redap yaitu dengan cara di pukul pada bagian kulitnya, alat musik tradisional Bengkulu ini sering di pakai untuk mengisi acara daerah.

Contohnya adalah kesenian safaar anam yang nantinya akan di mainkan dengan serunai dan gendang panjang.

7. Alat Musik gendang Panjang

alat-musik-gendang-panjang
carabermainalatmusik.com

Gendang panjang ini juga terbuat dari kayu dan kulit binatang.

Gendang panjang ini mempunyai bentuk silindris dengan kepala ganda(bagian yang di pukul). Alat musik ini biasanya sering di padukan dengan alat musik  lainya di saat acara adat, pernikahan atau juga penyambutan tamu penting.

Sedangkan Gendang Panjang ini termasuk dalam instrumen yang dimainkan dengan cara di pukul menggunakan telapak tangan, sebagai mengatur ritme dan irama.

Suara gendang ini tergantung dari pandai tidaknya yang memulkul, nanti juga menentukan irama yang akan di keluarkan dari Gendang Panjang ini.

8. Alat Musik Genderang Perang

Dan alat musik yang terakhir adalah Genderang Perang.

Dalam sejarahnya alat musik ini kurang jelas mengapa di namakan alat musik perang.

Mungkin pada zaman dahulu alat musik ini di gunakan untuk memberi semangat kepada masyarakat Setempat saat berperang.

Sekian teman informasi tentang alat musik tradisional. Sebenarnya masih banyak lagi alat musik daerah lainnya contohnya alat musik jambi, alat musik jakarta, alat musik bangka belitung, alat musik dari lampung dan lain-lain sebagainya.

sebenarnya cara memainkan alat musik dari Bengkulu masih bisa dipelajari oleh siapa saja. Apalagi saat ini, banyak media sebagai rujukan mempelajari alat musik, bisa melalui internet atau pun guru privat.

Pertanyaannya, adalah apakah masih ada orang zaman sekarang yang mau belajar alat musik tradisional?

Bukankah saat ini sudah banyak alat musik modern yang sepertinya lebih menarik dan ngetren?

Ini adalah tugas kita teman untuk menjaga dan melestarikannya dan mengembangkan supaya anak keturunan kita nanti masih sempat melihat.

Sekian terima kasih, semoga informasi alat ini bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.