Alat Musik Jambi Up 2019 (Gambar,Beserta Penjelasan)

alat-musik-jambi
picture by pixels

Alat Musik Jambi- Assalau’alaikum warahmatullahi wabarokatuh, salam sejahtera bagi kita semua. Jambi adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Sumatera, Jambi merupakan daerah yang sangat terkenal akan literature kuno-nya.

Kalian tau nggak? kalu Jambi itu adalah sebuah nama Provinsi sekaligus juga nama daerah tersebut.

Jambi adalah daerah yang mempunyai perekonomian yang tinggi dengan memanfaatkan minyak bumi, gas bumi, batu bara, dan tidak lupa yaitu kelapa sawit.

Selain alat musik Jambi, Jambi juga memiliki budaya yang indah untuk kita simak dan kita pelajari misalnya nama

  • rumah adat Jambi,
  • sketsa rumah adat Jambi,
  • tarian adat Jambi
  • dan senjata tradisional Jambi.

Di atas ini adalah contoh budaya di satu daerah saja, coba bayangkan betapa kayanya negeri ini ada rumah adat Riau, rumah adat Sumatera utara, dan Rumah adat Sumatera Selatan. inilah Indonesia.

Alat musik jambi ini adalah salah satu budaya dari pulau sumatera.

Alat Musik Jambi

Sebenarnya generasi milenial itu sangat senang dengan perkembangan zaman ini, akan tetapi kita terkadang lupa kalau kita ini juga mempunyai budaya, kesenian, dan alat musik yang harus kita jaga dan di lestarikan janagan samapi kebudayaan yang kita punya cuman tinggal nama saja.

Maka dari itu mari kita pelajari kebudayaan di Indonesia ini dengan membaca kita akan tau bahwa negara kita ini sangatlah kaya akan budaya. selamat membaca.

1. Alat Musik Serangko

alat-musik-sarangko
mepow.net

Alat musik yang pertama adalah Serangko, cara memainkan alat ini adalah dengan cara di tiup, Sarongko ini terbuat dari tanduk kerbau, tanduk kerbau yang di gunakan untuk membuat alat ini cukup panjang sekitar 1 meter bahkan ada juga yang sampai 1,5 meter.

Sedangkan kegunaan alat musik ini pada zaman dahulu yaitu di gunakan sebagai pemberi sinyal atau peringatan. Sarongko ini juga sering di gunakan sebagai memberitahu jika akan terjadi sebuah bencana atau musibah contohnya ada orang yang meninggal atau ada tanda bencana alam.

2. Alat Musik Sekdu

alat-musik-sekdu
alatmusik.org

Alat musik Jambi selanjutnya adalah Sekdu, cara memainkan alat musik ini dengan cara di tiup, mirip dengan alat musik Bansi yang ada di alat musik Sumatera Barat, pembuatan Sekdu yaitu menggunakan bambu yang mempunyai diameter sebesar 1-2 cm.

Peniup yang terdapat pada sekdu sering dikenal denagan nama klip.

Nada yang di hasilkan dari sekdu ini adalah:

  1. Do
  2. Re
  3. Mi
  4. Sol
  5. La

Ini membuat Sekdu termasuk dalal alat musik salendro(dalam alat musik jawa).

Alat musik Sekdu sendiri sering di gunakan orang Melayu dalam upacara adat.

3. Alat Musik Gacor/Gangor

alat-musik-gangor
alatmusik.org

Gacor atau bisa di sebut juga sebagai Gangor terbuat dari bambu yang sudah cukup tua, sedangkan Gacor sendiri mirip seperti tabung, fungsi alart ini adalah sebagai pembawa ritmis.

Gacor ini sering di maikan para petani ketika lagi istirahat di ladang agar tidak bosan.

Kalau kalian ingin melihat Gacor kalian bisa pergi ke Kabupaten Merangin, Kabupaten Serolangun, Kabupaten Bungo dan kabupaten Kerinci.

4. Alat musik Kelintang/Kolintang

alat musik kelintang
alatmusik.org

Kelintang atau orang menyebutnya dengan kolintang adalah alat musik Jambi yang sampai sekarang masih mudah di temui khususnya di kota jambi.

Ada salah satu sanggar yang bernama Mindulahin, Kelintang sering di mainkan di tempat ini, dan targetnya adalah anak-anak supaya mereka tertarik untuk melestarikan dan memainkan alat musik ini.

Cara memainkan alat musik ini bersama-sama dengan alat musik tradisional lainnya sehingga menciptakan irama yang saling sinergi.

Pada zaman dahulu saat kerajaan Melayu menguasai Jambi, Kelintang sangat terkenal karena para bangsawan sering memainkan alat musik ini, diiringi lagu dan syair, biasanya isinya tentang nasihat.

5.Alat Musik Kompangan

alat-musik-kompangan
antarfoto.com

Kompangan kayanya sudah tidak asing lagi ya dalam bahasa jawa, alat musik yang satu ini termasuk dalam alat musik rebana yang biasanya membawakan lagu-lagu islami.

Kompangan ini biasanya di mainkan secara bersahutan.

Sedangkan seni musik Kompangan ini di Jambi khususnya berkembang sangat baik, sampai- sampai hampir setiap Rt memiliki grup Kompangan sendiri.

Biasanya 1 grup berkisar antara 9-15 orang, Alat musik ini juga sering di mainkan ketika ada acara adat di Jambi.

6.Alat Musik Serdam

alat-musik-serdam
budayaindonesia.org

Serdam muerupakan alat musik Jambi yang ke enam.

Cara menggunakan alat musik ini dengan cara di tiup, sekilas mirip ya kaya seruling, akan tetapi ini berbeda, karena nada yang di hasilkan oleh alat musik ini di mulai dari nada dasar G Sebagai Apakah dan hanya memiliki 5 lubang yang akan menghasilkan nada  lakukan, kembali , mi, fa,  dan  sol.

Suara yang di hasilkan oleh alat musik Serdam memiliki irama sendu dan terkesan sedih, jadi pas untuk menghibur hati yang sedang  galau.

Bentuk Serdam

Serangga terbuat dari bambu, memiliki bentuk yang bulat dan berdiameter 1-1,5 cm sedangkan memiliki panjang sekitar 25 cm.

Lalu diameter untuk lubang peningkah selebar 4 cm dan jarak ujung ke buluh ke dalam lubang kurang lebih sekitar 4 cm. jarak untuk masing-masing lubang yang digunakan untuk memberikan nada di beri jarak sekitar 2 cm.

Salah satu contoh kesenian tradisional yang mulai muncul adalah Tarian rentak besapih. Dulunya menari ini adalah perwujudan sejarah dari Provinsi Jambi pada zaman dulu, saat Jambi masih menjadi kota perdaganganyang besar dan banyak dikunjungi oleh berbagai etnis.

Beruntungnya, kesenian ini telah dimasukkan ke dalam daftar keragaman seni budaya Indonesia yang harus kita jaga kelestariannya. Perkembangan zaman memang, sangat membantu kita membuat sesuatu lebih mudah dan efisien, akan tetapi beberapa hal seperti pertanian ini haruslah kita jaga.

Sangat disesalkan jika sebuah daerah kesenian yang tadinya seakan menjadi “maskot kebanggaan” kota akhirnya hilang karena perkembangan zaman.

Jika kita melihat, kesenian seperti tarian daerah ini sudah bisa dilihat kecuali saat perayaan tertentu seperti pawai 17-an.

7. Alat Musik Rebana Sike

alat-musik-rebana-sike
alatmusik.org

Rebana sike memiliki 3 perpaduan seni yaitu seni vokal, seni gerak dan seni musik.

Biasanya pada saat memainkan alat musik ini para pemain akan menyanyikan lagu-lagu puji-pujian untuk Sang Pencipta dan diselingi oleh tari-tarian yang biasa disebut koreografi .

Rebana sike Seperti hampir mirip dengan Rebana, bahkan bahan pembuatannya pun sama dari kayu dan kulit hewan. Rebana biasanya dimainkan oleh banyak orang atau grup biasanya para pemuda atau ibu-ibu.

Rebana Sike biasanya juga digunakan pada saat pentas religi atau juga digunakan sebagai penyambutan Gubernur Jambi (dulu tahun 2015)

Sekian teman informasi tentang alat musik Jambi yang bisa saya sampaikan, semoga informasi bermanfaat bagi kita semua perlu kita lebih cinta budaya dan kesenian di negeri tercinta ini, kita sebagai anak milenial jangan sampai kita suka warisan budaya daerah kita, mari kita jaga kita buktikan pada dunia itulah Indonesia itu memiliki yang luar biasa.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Cintailah apa yang ada di Negerimu,

Sebelum meninggalkan kehilangan apa yang ada di Negerimu

Salam Cinta Indonesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.