√10+ Alat Musik Maluku Yang Sering Di Cari!!

alat musik hawaian
thetanjungpuratimes.com

Alat Musik Maluku- Maluku adalah Provinsi yang berada pada Indonesia bagian timur. Maluku ini mempunyai potensi sumber daya amanusia dengan kualitas tinggi.

Dengan di buktikan dengan terkenalnya Provinsi yang terkenal dengan pala, euli, cengkeh dan mutiara, selain itu Maluku juga mempunyai tujuan pariwisata yang elok.

Walaupun Maluku mempunyai sejarah yang pahit, seriiring dengan perkembangan zaman dan terbangunnya kesadara masyarakat tentang rasa toleransi, sedikit-sedikit Maluku menjadi Provinsi yang damai dan tentram.

Sehingga Maluku mendapatkan penghargaan berupa Gong perdamaian Dunia yang terletak di Ambon City Center.

Maluku selain memiliki kekayaan yang melimpah juga mempunyai kebudayaan dan kesenian seperti yang mau di bahas kali ini yaitu alat musik Maluku, dalam pembahasan alat musik ini nanti ada kaitanya dengan alat musik dari papua dan idiokordo.

Daftar Alat Musik Maluku

  • Alat Musik Arababu
  • Alat Musik Tahuri/Kono
  • Alat Musik Idiokordo
  • Alat Musik Totobuag
  • Alat Musik Rumba
  • Alat Musik Hawaiian
  • Alat Musik Suling Melintang (Floit)
  • Alat Musik Bambu Hitada
  • Alat Musik Ukulele
  • Alat Musik Leko Boko/ Juk/ Bijot

1. Alat Musik Arababu

alat musik arababu
indonesiakaya.com

Arababu mempunyai bentuk seperti Rebab. Menurut sejarahnya, alat musik Arababu berkembang pada pulau Maluku stelah peagang Arab yang datang untuk berdagang di Indonesia.

Cara memainkan Arababu dengan cara di gesek, perbedaannya dengan Rebab adalah alat musik ini mempunyai satu senar saja sedangkan rebab mempunyai 2 buah senar.

Arababu mempunyai sebuah bagian pegangan yang berupa bambu serta tabung resonasi yang terbuat dari tempurung kelapa.

Hingga sekarang, alat Musik, Arababu ini masih bisa di temui pada acara-acara daerah tertentu.

2. Alat Musik Tahuri/ Korno

alat musik tahuri
gadis.co.id

Tahuri/Korno, alat musik ini bisa di bilang sangat tradisional sekali mungkin anda baru kali ini melihatnya. mungkin teman akan terbayangkan bahwa itu adalah cangkang kerang (Bia) saja.

Alat musik ini berkembang di Maluku terutama masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Sebelum di gunakan sebagai alat musik, Tahuri ini di gunakan untuk mengundang masyarakat sekitar untuk berkumpul membahas masalah atau lainnya,.

Pembuatan Tahuri

Bila dilihat keistimewaannya, yang paling dominan dari tahuri adalah bahan dasar pembuatannya, 100% berasal dari alam.

Kulit kerang yang digunakan dalam pembuatan tahuri berasal dari Saumlaku, Dobo, Kepulauan Aru dan Banda.

Untuk membuat tahuri, kerang dicuci hingga bersih. Sesudah itu, kerang dilubangi dengan menggunakan bor.

Untuk mendapatkan nada tertentu, tergantung dari besar kecilnya lubang yang dibuat dan besar kecilnya kerang yang digunakan.

Kerang kecil akan menghasilkan nada tinggi atau nyaring. Sementara kerang besar akan menghasilkan nada rendah.

Cara Menggunakan Tahuri

Tahuri mempunyai sebagai alat komunikasi antara raja dan masyarakat, antara Raja dengan staf-staf negeri.

Dengan adanya tahuri ini, maka komunikasi di antara masyarakat desa akan terjalin dengan baik. Salah satu contohnya dapat dilihat dalam pemberitahuan / pengumuman yang diberikan oleh pesuruh desa.

Pesuruh desa merupakan salah satu staf negeri yang berperan sebagai pesuruh dalam memberitahukan hal-hal penting berupa pemberitahuan, yang terlebih dahulu meniup tahuri ini.

Seperti yang telah dikatakan, tehuri memiliki fungsi sebagai alat yang bisa memberitahukan suatu keadaan seperti perang, titah Raja dan sebagainya.

Pada zaman dahulu hampir seluruh tata cara adat memakai tahuri sebagai pembukaan atau penutup. Hal ini masih dikembangkan sampai sekarang, di mana masih terlihat beberapa tata cara adat yang masih menggunakan tahuri sebagai pembukaan atau penutupan suatu tata cara adat.

3. Alat Musik Idiokordo

alat musik idiokordo
hanayaberbagi.com

Alat musik ini lumayan terkenal di Nias Utara, Idiokordo di kenal dengan julukan tatabuhan, sebuah alat musik yang memiliki 3 dawai dan di mainkan dngan cara di petik.

Alat musik ini di buat dengan menggunakan kayu pada bagian utamanya.

Di tambah dengan ukiran dan bentuk seditail mungkin agar menambah kesan dari alat musik tersebut.

Sedangkan alat musik ini di gunakan pada acara-acara adat setempat atau sekedar hiburan.

4.Alat Musik Totobuang

alat musik totobuang
kamerabudaya.com

Alat musik Totobuang adalah alat musik asli dari Maluku yang tidak di pengaruhi oleh budaya luar sedikitpun.

Dan taukah teman bahwa alat musik Totobuang ini adalah?

Alat musik khas warga yang wilayahnya beragama Kristen. Dalam acara musik sering totobuang bersanding dengan alat musik dan di mainkan oleh masyarakat tersebut.

Perana masing-masing alat musik mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan bagusnya lagi saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Alat musik Totobuang ini adalah dominasi dari alat musik tifa.

Sebenarnya melihat keadaan sekarang bagaimana alat musik modern lebih menggairahkan daripada alat musik tradisional, akan takut kepunahan pada musik tradisional daerah ini.

5. Alat Musik Rumba

alat musik rumba
perpek.com

Alat musik selanjutnya adalah Rumba, mungkin telinga kita agag asing ya, memang karena keberadaannya yang semakin sulit di jumpai di daerah.

Rumba sendiri terbuat dari tempurung kelapa yang di isi pasir kasaratau kerikil atau bahkan bisa keduanya, alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik perkusi.

Sejarahnya Rumba ini sebenarnya adalah alat musik khas Cuba (Republic of Cuba) yang kemudian di bawa ke ambon oleh pedagang Spanyol yang datang dan singgah di Indonesia.

Untuk mengeluarkan suara, Rambu cukup di goyangkan layaknya bermain alat musik marakas. Suara yang di keluarkan tidak terlalu bagus jika di mainkan solo, tanpa adanya alat musik tambahan lain.

6. Alat Musik Hawaiian

alat musik hawaian
thetanjungpuratimes.com

Dari bentuk alat musik Hawaia mirip dengan gitar, namun ternyata berbeda, Hawaia tidak sepenuhnya menjadi alat muisik tradional.

Untuk menggunakannya kita memerlukan energi listrik agar bisa digunakan, Hawaia memiliki 8 dawai dan harus di seting terlebih dahulu agar menghasilkan suara yang tidak sumbang.

Untuk mengeluarkan suara, alat yang i gunakan harus di tekan menggunakan alat khusus yang di buat dari plat besi plastik sebesar ibu jari tangan.

7. Alat Musik Suling melintang (floit)

alat musik floit
bukantrik.com

Yang selanjutnya adalah alat musik Floit nama lain dari suling melintang tetapi di daerah Maluku terkenal dengan sebutan Floit. Alat musik floit di gunakan lebih dari 30 orang dalam bentuk kelompok akord suara.

Sedangkan cara menggunakannya seperti di daerah barat, sebab, mempunyai suara Sopran, tenor, Bass.

Suling ini sendiri adalah alat musik impor yang sudah mendapat pengaruh budaya dari luar, akan tetapi sangat di sukai oleh masyarakat tradisional.

Alat musik tradisional suling melintang di buat dengan menggunakan bambu, dengan diameter suling yang di lengkapi 6 buah lubang nada dan 1 lubang nada dan 1 lubang untuk meniup.

Biasanya alat musik ini di mainkan pada saat penyambutan tamu, acara adat, atau resepsi pernikahan.

Alat Musik Maluku Utara

8. Alat Musik Bambu Hitada

alat musik hitada
senimusiksmablogspot.com

Bambu Hitada adalah bagian dari kesenian musik tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Kesenian ini di mainkan secara berkelompok , bersama dengan alat musik lainnya.

Pada masyarakat di Halmahera, bambu Hidata sangat terkenal dan selalu tampil di setiap acara.

Cara Memainkannya.

Untuk membuat irama yang pas, para pemain harus mengetahui fungsi dan kombinasi dari bambu yang mereka pegang.

Layaknya pada sebuah grup musik pada umumnya, musik bambu hitada di gunakan sesuai fungsinya masing-masing dan dikombinasikan agar menjadi sesuatu irama yang pas dan enak di dengar.

Sedangkan cara memainkan alat musik ini dengan cara di hentakkan ke bawah, setiap bambu mempunyai satu nada, sehingga di gunakan secara bergantian antara satu dengan yang lain.

Untuk menghentakkan bambu tersebut harus di beri alas karung goni, supaya lantai tidak lecet dan juga menstabilkan suara.

9.Alat Musik Leko Boko

alat musik leko boko
alat musik leko boko

Alat musik Tradisional yang di petik ini dikenal dari maluku utara dengan sebutan Leko. Cara memainkan alat musik ini sangat mudah, karena hampir sama dengan gitar di petik.

Leko Boko ini biasanya di gunakan untuk upacara adat atau bisa juga sebagai hiburan diri pribadi, biasanya alat musik ini di mainkan dengan bersama alat musik NTT yaitu Heo.

Sehingga perpaduan nadanya terlihat indah dan menarik.

10. Alat Musik Ukulele

alat musik ukulele
blogspot.com

Alat Musik ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci.

Dilihat sejarahnya ukulele ini di temukan di hawaii pada tahun 1879, pada waktu perjalanan imigran Portugis dari Medeira melakukan perjalanan melalui Afrika selatan ke Hawaii.

Pada tahun 1880 Ukulele di bawa ke pulau Ambon, mampir ke makasar dan akhirnya menjadi alat musik keroncong.

Sekian kawan informasi tentang alat musik Maluku, sebenarnya masih banyak lagi alat musik tradisional berbagai daerah contoh alat musik dari papua, alat musik Papua Barat, alat musik Jambi ,Riau, dan lain lain.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.