Alat Musik Riau (Bukan Hanya Nafiri)

Alat musik Riau
picture by pixabay

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh, salam sejahtera bagi kita semua, taukah teman bahwa alat musik Riau bukan hanya Nafiri saja?.

Tidak bosan-bosannya teman aku ucapkan terimakasih yang setulusnya, karena secara tidak sadar kalian adalah para pecinta budaya di Indonesia ini.

Kok bisa?

Iya, karena yang mau kamu cari adalah tentang budaya yaitu khusunya adalah alat musik, sebenarnya banyak sekali kawan alat musik yang ada di Indonesia ini, contohnya alat musik jambi, alat musik Bengkulu, dan juga alat musik Sumatera Barat.

Itu adalah sebagian contoh alat musik di pulau sumatera, masih ada jawa, maluku, sulawesi, dan yang lain, belum lagi rumah adat pakain adat dan makan adat.

Dah langsung saja teman ini beberapa daftarnya:

Daftar Alat Musik Riau

  • Nafiri
  • Rebana Ubi
  • Kompang
  • gambus
  • Gendang
  • Marwas
  • Gong
  • Talempong (Calempong)

Baca juga rumah adat dari Riau

1. Alat Musik Nafiri

alat musik nafiri
picture by thegorbalsla.com

Alat musik dari kepulauan Riau yang pertama adalah Nafiri, Nafiri ini mempunyai bentuk seperti terompet, akan tetapi irama yang di keluarkan berbeda-beda dengan alat musik lainnya.

Masyarakat melayu Riau sendiri bukan hanya mempunyai alat musik seperti Nafiri ini, akan tetapi ada alat musik lain yang sudah menghilang seperti

  • Tetawak,
  • Canang
  • Lengkara.

Kalau kita mau melihat pertunjukan alat musik ini kita bisa melihat pertunjukan maknyong.

Sedangkan Fungsi dari alat musik Nafiri sendiri adalah sebagai pengiring tari tradisional Contohnya tari Inai, tari Jinugroho dan tari olang.

Nafiri sebagai alat musik utama di musik Robat yang di gunakan pada lingkungan masyarakat, untuk pengiring saat melakukan gerakan-gerakan silat mau di pentaskan.

Ada juga kepercayaan setempat bahwa alat musik nafiri ini juga sebagai alat pemanggil roh leluhur nenek moyang.

2. Alat Musik Rebana ubi

alat musik rebana ubi
picture bya sumber.com

Namanya adalah alat musik Rebana ubi, agag aneh ya teman dengan adanya kata-kata Ubi di dalam sebuah alat musik.

Menurut id.wikipedia.com adalah alat musik perkusi yang digolongkan dalam kategori gendang, cara memainkan alat ini dengan cara dipukul dengan tangan. Rebana ubi ini kelihatan lebih besar dari rebana biasa.

Diameter rebana ubi yang paling kecil adalah 70 cm dan tingginya hampir satu meter bisa di bilang termasuk besar. Tergantung ukurannya, rebana ubi dapat digantung horizontal atau bisa diletakkan di atas lantai.

Pada masa dahulu, rebana ubi di pakai untuk tujuan mengirimkan berita seperti, contoh pengumuman pernikahan atau peringatan bahaya.

Rebana ini biasanya diletakkan di atas bukit dan dimainkan mengikut irama tertentu, tergantung kepada berita yang akan disampaikan, sekarang, rebana ubi hanya digunakan dalam upacara adat tertentu.

3. Alat Musik kompang

alat musik kompang
picture by wordpres.com

Alat ini teramasuk dalam  alat musik tradisional riau yang di kenal di kalangan orang-orang melayu, cara memainkan Kompangan ini dengan cara di pukul.

Pada saat membuat alat musik ini akan terlihat mirip dengan alat musik Marawis  atau gendang, kulit yang di gunakan biasanya seperti kerbau, sapi, dan lainnya, akan tetapi sekarang lebih memakai kulit sapi yang di percaya lebih elastis.

Sedangkan pembuatan kompangan sendiri yaitu.

Memliliki ukuran 16 inci dan di tutup memakai kulit di salah satu bagian permukaan. pada sisi lain ada lubang yang di gunakan untuk tempat keluarnya suara.

Untuk memakai kompangan pun juga ada tekniknya yang bisa di pelajari, ada juga yang memukul menggunankan ibu jari, 1 telunjuk saja dan ada juga yang memakai telapak tangan.

4.Alat Musik Gambus

alat musik gambus
anakmusik.com

Alat musik riau selanjutnya adalah Gambus dilihat sekilas alat musik gambus mungkin anda akan berpendapat bahwa,  Gambus adalah nama alain dari gendang yang berada di Riau.

Pada dasarnya Gambus adalah alat yang cara memainkannya dengan cara di petik. Sebelumnya Gambus dimainkan untuk acara yang berhubungan dengan hal mistik.

Sekarang Gambus berubah fungsi menjadai pengiring Zapin pada sebuah acara karena seirin berjalanya waktu, sekarang Gambus Riau ini di gunakan individu sebagai hiburan nelayan di atas perahu yang mencari ikan.

5. Alat Musik Akordeon

alat musik harmonium
istokphoto.com

Akordeon merupakan alat musik yang berasal dari daerah Melayu Riau yang hampir mirip dengan penemuan C.F.L Buschaman yang berasal dari Jerman.

Akoerdeon merupakan alat musik yang lumayan sulit untuk di mainkan, walaupun terlihat mudah.

Akordeon juga mengeluarkan tangga nada diatonik yang sesuai dengan lirik lagu yang berisi tentang pantun.

Cara memainkan Akordeon adalah menggunakan ke dua tangan lalu menggunakan tombol-tombol memakai jari , tangan kiri semetara pada jari jari tangan kanan memainkan melodi lagunya.

Saat memanikan akordeon di tarik supaya bisa mengatur udara yang ada pada alat musik Akordeon ini.

Pergerakan udara yang keluar akan mengeluarkan bunyi, bunyi tersebut bisa di atur dengan menggunakan jari-jari.

6.Alat Musik Marwas

alat musik marwas
dunia.kesenian.blogspot.com

Sama dengan kompang, marwas juga merupakan bagian dari alat musik riau yang di mainkan dengan cara di pukul.

Di lihat dari sejarahnya alat musik Marwas ini berasal dari Timur tengah terutama dari Yaman.

Nama marawis di ambil dari nama salah astu alat musik yang di pergunakan dalam kesenian. Alat musik ini dimainkan sekitar 10 orang. Setiap orang yang memainkan alat musik ini mereka sambil bernyani.

Hal ini bisa di ketahui saat mendengarkan lirik lagu yang sedang di bawakan atau di iringi.

7. Alat Musik Gong

alat musik gong
picture by wikipedia.com

Di Asia Tenggara, Gong merupakan alat musik ada di setiap acara bahkan di pertunjukan musik tradisional. Tidak terkecuali di Riau, gong juga kerap di mainkan terutama ketika upacra adat.

Gong ini terbuat dari bahan kuningan atau sejenis logam lainya yang di pukul memakai alat khusus.

Sedangkan nada yang di hasilkan biasanya di pengaruhi seberapa besar ukuran gong yang di pukul.

8. Alat Musik Talempong

alat musik talempong

Alat musik yang terakhir adalah Talempong, Talempong ini hampir sama bentuknya dengan instrumen bonang dalam instrumen Gamelan.

Talempong ini terbuat dari bahan kuningan namun ada juga yang terbuat dari kayu ataupun batu. Saat ini Talempong yang lebih banyak di gunakan terbuat dari bahan kuningan.

Talempong ini biasanya di gunakan untuk mengiringi tari pertunjukan atau penyambutan.

Cara memainkan alat musik ini membutuhkan kejelian di mulai dengan tangga nada do dan di akhiri dengan si.

biasanya Talempong di iringi dengan musik akordeon, selain akordeon, instrumen seperti saluan ,gandang serunai dan lain-lain.

Sekian teman sedikit pengetahuan tentang alat musik riau , sebenarnya masih banyak sekali contohnya alat musik dari Jambi, alat musik Bengkulu, tarian dan dan alat musik kepulauan riau, alat musik Riau gambus, alat musik Sumatera Barat dan lain sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.