√9+ Alat Musik Sumatera Barat Yang Paling Populer!!

alat musik sumatera barat
https://pixabay.com/id/users/ryanmcguire-123690/

Alat musik Sumatera Barat- Assalaumu’alaikum teman-teman salam sejahtera bagi kita semua. Indonesia adalah negara yang beraneka ragam, mulai dari pulaunya, bahasanya, adat istiadatnya, rumah adat nya, dan juga salah satunya adalah alat musik Sumatera Barat.

Ada orang banyak bertanya dengan artikel ini. Kenapa sih kok harus alat musik tradisional?

Jadi begini teman, kita sebagai calon penerus bangsa Indonesia ini kita wajib tau kalau kita itu punya budaya sendiri, beragam lagi, apa kita tidak bangga?, pasti bangga kan harusnya?, jadi kawan kita mulai dari tulisan kecil ini kita belajar tentang alat musik Sumatera barat,

Nanti teman-teman juga bisa buat bahan belajar atau bikin makalah, contohnya makalah alat musik tradisional sumatera barat, rumah adat sumatera utara atau macam macam alat musik minangkabau. langsung saja teman inilah daftar alat musik Sumatera barat.

 

Daftar Alat Musik Sumatera Barat

  1. Talempong
  2. Bansi
  3. Saluang
  4. Gendang Tabuik
  5. Serunai
  6. Pupuk tanduak
  7. Rabab
  8. Tambua
  9. Pupuik batang padi

1. Alat Musik Talempong

alat musik talempong
by kompas.id

Talempong adalah bagian dari alat musik tradisional Sumatera barat, alat musik ini seperti alat musik jawa yaitu Bonang dalam instrumen gamelan pada alat musik jawa.

Talempong adalah alat musik yang berasal dari Minangkabau. Talempong biasanya terbuat dari bahan dasar kuningan akan tetapi ada juga yang terbuat dari kayu dan batu.

Bentuk talempong seperti lingkaran yang berdiameter sekitar 15-18 cm, pada bagian atas terdapat bagian yang menonjol, kurang lebih berdiameter 5 cm yang fungsinya untuk memukul menggunakan kayu yang sudah di tentukan.

2. Alat Musik Bansi

alat musik bansi
picture by pendek.co.id

Alat musik yang ke dua adalah Bansi, Bansi ini juga termasuk alat musik sumatera barat, cara menggunakan bansi ini hampir mirip seperti kita menggunakan seruling pada umumnya.

Bansi ini juga mempunyai tangga nada yang bagus, di buat seperti ini supaya mampu mengiringi musik tradisional maupun modern. Tari persembahan adalah contoh kesenian yang menggunakan alat musik Bansi, Bansi memiliki 7 buah lubang yang ukurannya lebih pendek dari seruling

3. Alat Musik Saluang

Alat musik yang ke tiga adalah Saluang, Saluang ini hampir mirip dengan bansi bedanya kalau Saluang ini bentuknya agakg panjang sedangkan Bansi agag sedikit pendek.

Akan tetapi Saluang ini mempunyai suara yang khas dan merdu saat di dengar telinga, alat musik khas Minangkabau yang terbuat dari bambu tipis atau sering di sebut talaang, Saluang mempunyai panjang sekitar 40 sampai 60 cm dan diameter 3-4 cm.

Uniknya lagi pada setiap daerah mempunyai ciri khas dan teknik sendiri untuk meniup Saluang ini, contohnya ada yang mempunyai teknik menyisihkan nafas dimana pemain seluang ini memainkan alat musik tanpa berhenti dari awal lagu sampai akhir.

Bentuk Alat Musik Saluang

Pada bagian atasnya bentuknya runcing kurang lebih sekitar 45 derajat, pada bagian ini biasanya menyesuaikan pada bambu yang mau di pakai, setelah itu ukur bambu 2/3 sebagai tempat untuk membuat lubang.

Jumlah lubangnya sebanyak 4 lubang, di ukur dari atas dan selanjutnya sampai lubang terakhir.

Dan jangan lupa, pastikan dahulu lubang yang mau di buat mempunyai bentuk lingkaran dengan garis tengah dengan ukuran 0,5 cm agar supaya mengeluarkan suara yang merdu.

4.Gendang Tabuik

alat musik gendang tambuik
picture by wikipedia.com

Dilihat dari sejarah, Tabuik berasal dari bangsa India yang pada saat itu ikut dalam pasukan perang islam thamil di daerah Bengkulu pada tahun ke-18.

Selesai perjanjian London pada abad yang sama, Bengkulu di kuasai Belanda yang akhirnya banyak mayoritas masyarakat yang pindah ke pariaman.

Gendang ini adalah alat musik yang tidak mempunyai nada di karenakan mempunyai sifat yang di pakai sebagai alat musik perkusi, biasanya alat musik ini di gunakan sebagai untuk upacara ritual adat daerah.

5. Alat Musik Seruai

alat musik serunai
picture by kamera budaya.com

Alat musik sumatera barat yang ke lima adalah Seruai atau biasa juga di sebut sebagai puput, alat musik ini dulu terkenal dengan dengan nama shehnai, alat musik ini asalnya dari India Utara, alat musik ini juga sering di gunakan pada acara adat pada daerah tertentu.

Untuk memainkan Serunai ini bisa seorang atau juga kelompok.

Serunai ini juga sering di mainkan ketika orang bekerja di ladang yang sedang ber-istirahat, dan alat musik yang satu ni juga untuk mengiringi pencak silat di daerah minang.

Pembuatan Alat Musik Serunai

Dalam pembuatan Serunai ini terdapat perincian yang bervariasi pada seriap daerah. Bahkan juga ada jenis serunai yang pengaturan nadanya dilakukan dengan cara menutup dan membuka permukaan pada bagian corong.

Serunai tradisional dari Minang biasanya terbuat dari batang padi, kayu atau bambu, tanduk kerbau atau pun daun kelapa.

Pada bagian pengatur bunyi Serunai di buat dengan kayu capo ringkik atau bambu talang yang mempunyai ukuran kecil, kira-kira sekecil ibu jari tangan orang dewasa.

Sedangkan capo ringkik ini merupakan jenis tanaman yang mempunyai kayu yang keras namun di dalamnya lunak jadi lebih mudah untuk membuat lubang.

Ketika sudah menyiapkan kayu kira-kira panjang sekitar 20 cm, lalu di beri lubang sebanyak 4 lubang yang jaraknya sekitar 2,5 cm yang di gunakan sebagai membedakan nada tinggi dan nada rendah.

Nada Serunai dan Puput menggunakan pentatonis “do-re-mi-fa-sol”

6. Alat Musik Pupuik Tanduak

alat musik papuik tanduak
picture by indonesiakrya.com

Menurut informasi, khususnya masyarakat di Minangkabau memiliki kepercayaan bahwa setiap bagian tubuh di kerbau mempunyai fungsi selain dagingnya. Kulit yang telah selesai di samak(di kerok) dapat diolah kembali menjadi beragam barang keperluan harian.

Selain itu tanduk kerbau pun memiliki kegunaannya sendiri untuk masyarakat di Minangkabau, khususnya pada daerah pedesaan.

Alat musik Pupuik Tanduak ini juga dibuat dari tanduk kerbau yang pada bagian ujung dipotong datar untuk meniup. Bentuknya begitu mengkilat dan hitam bersih.

Pupuik tanduak tidak digunakan sebagai pengiring lagu atau sebagai pengiring instrumen musik, akan tetapi dipakai sebagai peluit, karena hanya 1 nada yang dihasilkan. Dulunya Pupuik Tanduak diapaki untuk aba-aba, atau sebagi pertanda shalat bisa juga sebagai pemanggil warga untuk pengumuman.

Masyarakat yang bekerja menjadi sebagai nelayan juga biasa memanfaatkan Pupuik tanduak untuk komando kepada awak kapal, dan juga untuk pertanda adanya air pasang atau bahkan adanya gejala alam yang sedang akan mendekat.

7.Alat Musik Rabab

alat musik rebab
picture by decito.id

Rabab berasal dari bahasa Arab yaitu Rebab. Sepertinya tidak asing lagi ya dengan alat musik yang satu ini, seperti  asal wilayahnya yang di Deli, Sunda dan lainnya Rabab Minang sangat unik selain digesek, ada sebuah Membran (jaringan) untuk suara yang muncul dibawah bridge-nya.

Dengan Membran (jaringan) tersebut, suara yang dikeluarkan unik, seperti mempunyai efek suara serak-serak. Sifat ini juga bisa mengakibatkan cara menggersek Rabab terbilang lumayan sulit. Alat musik rabab ini dibuat dengan menggunakan batok kelapa.

Pada permainan Rabab, ada formasi saat memainkan lagu, tergantung kepada lagu yang akan dimainkan, lagu yang mempunyai keistimewaan kaba menjadi pokok materi. Lagu yang diciptakan adalah sebuah ide atau gagasan yang berasal dari komunitas masyarakat yang berada di daerah yang sama.

8. Alat Musik Tambua

alat musik tamboa
antarfoto.com

 

Alat musik selanjutnya adalah Tambua termasuk alat musik Sumatera Barat yang sederhana.

Tambua digunakan oleh anak-anak yang usianya relatif muda dan berkelompok.Tambua mengeluarkan suara yang besar sehingga harus berteriak ketikamau berbicara, Namun ada beberapa teknik untuk memukul tambua yang tidak terlalu keras.

Bentuk Alat Musik Tambua

Tambua sering di kenal sebagai set tambur, terbuat dari kayu dan kulit kambing. Tinggi dari Tambua kurang lebih sekitar 75 cm dan diameternya kira-kira 0,5 m, dan 1 Set Tambua terdiri dari 6 buah tambur dan semuanya berukuran sama.

9.Alat Musik Papuik Batang Padi

alat musik papiuk batang padi
wisatapelangi.com

Alat musik Sumatera Barat yang terakhir adalah Papuik Batang Padi, bentuknya agag lumayan aneh dan suara yang dikeluarkan pun sederhana, tetapi ternyata alat musik Pupuik batang padi ini mempunyai kegunaan yang sangat penting. Di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, alat musik ini mempunyai peran penting untuk sebuah acara ritual tradisional.

Pupuik batang padi terbuat dari batang padi, seperti namanya.

Pupuik batang padi ini sering digunakan saat upacara adat yang mempunyai hubungan dengan panen (mengungkapkan rasa kebahagiaan). Walaupun cuman menghasilkan 1 tangga nada, suara yang melengking sehingga bisa memecah keheningan sebuah acara.

Membuat Pupuik Batang Padi

Cara membuat alat musik ini cukuplah mudah, batang padi yang sudah dipilih lalu dipecah dan dipotong di dekat dengan pangkal garis buku (segmen), cara melihat segmen tersebut akan terlihat dengan mudah dan jelas ketika batang padi tersebut sudah tua.

Sekian teman ini adalah contoh alat musik sumatera barat bahkan ada lagi keragaman budaya di Indonesia ini antara lain alat musik dari sumatera selatan, ada juga alat musik minangkabau, musik tradisional sumatera utara, dan alat musik riau itu adalah sebagian contoh kecil keragaman di Indonesia ini.

Cintailah negeri ini dengan membaca sejarahnya dan menjaganya sekian Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.