Bekerja di Inan Guest House

boking.com

Assalamu’alikum ini adalah cerita pengalaman aku yangke 4 yang pertama yaitu pengalaman ujian dan makna sabar, yang ke dua mulai merantau di Kota Atlas , dan yang ke tiga yaitu Jogja kota pendidikan dan ini yang ke empat yaitu pengalaman bekerja di Inan Guest House.

Inan guest house itu terletak di kota Malang Kecamatan Klojen di jalan Kartini no 18 Malang, dari setasiun baru malang sekitar 10 menit kalau naik kendaraan bermotor.

Dulu sebelum bekerja di sini begini ceritanya.

Yang punya guest house ini adalah yang aku ikuti di Jogja dahulu sewaktu aku sekolah, namanya adalah ibu Inan Syamsinar dia yang mempunyai Inan salon di jakarta lalu Masjid Asy Syams dan panti asuhan Asy Syams,di daerah Jogja.

Jadi ceritanya itu ibu Inan ini melihat aku mengurusi masjid kok rapi dan setelah lulus kan masih bingung mau kemana, di ajak lah aku ke malang untuk membantu di guest house yang dia punya dan aku iyakan saja.

Perjalanan Menuju Kota Malang

 

http://www.vivowallpaper.com

Dulu berangkat ke malang itu niatnya naik kereta akan tetapi saat itu liburan sekolah jadi mahal tiketnya dan akhirnya aku memilih naik trevel nggak apa apa lah yang penting sampai di tujuan.

Kira kiri sekitar 10 jam dari Jogja ke Malang naik trevel.

Setelah sampai di malang istirahat dulu makan tidur dan siap untuk bekerja besok harinya.

Adapun bagian pekerjaanya sebagai berikut.

Bagian Bagian Pekerjaan di Guest House

  • Manager (pemimpin perusahaan)
  • Front ofice (pengelola)
  • Room boy in housekeeping departeman
  • Waiters
  • Koki
  • Cookhelper
  • Scuet 

Kurang lebih seperti itulah gambaranya tapi kalau guest house ini di banding dengan hotel kapasitasnya lebih sedikit biasanya cuman 20 kamar kalau hotel kan bisa beratus ratus kamar.

lebih detailnya lagi masalah di Guest House akan saya terangkan hehe.

Manager (Pemimpin)

https://pixabay.com/id/users/rawpixel-4283981/

Secara pengertian adalah seorang anggota organisasi yang bertugas mengarahkan, memadukan, mengawasi dan mengkoordinasikan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh anggota.

begitu juga sama di dalam guest house manager adalah yang mengatur dan mengawasi bagaimana kinerja para anggotanya.

Dan manager juga yang membagikan gaji mengkoordinasi kurang lebih seperti itu lah.

Front ofice 

www.tripadvisor.com

front ofice adalah salah satu departement di sebuah guest house yang berada di begian depan merupakan pintu gerbang dari guest house itu sediri, sehingga mudah diketahui dan di hubungi tamu yang secara oprasional berhubengan langsung dengan tamu.

Ini adalah pusat bantuan untuk pengunjung mulai dari boking kamar, tempat komplain, bertanya tentang fasilitas dan lain lain.

Dan di sini juga tempat bertanya  housekeeping untuk mengetahui kamar mana yang sudah kosong untuk segera di bersihkan.

Waiters dan cookhelper juga ada pengaruhnya di sini mereka menanyakan guest list ( daftar tamu) untuk menyiapkan makanan.

Room Boy in Houskeeping Departemen

https://www.123rf.com

Bagian dari departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, melaporkan kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar guest house tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi pengunjungnya. kurang lebih seperti itu lah

Housekeeping itu bekerjanya sebagai kebersihan ruangan dan kamar, bekerjanya ini menunggu intruksi dari dari fron ofice.

Biasannya sebelum bekerja menyiapkan dulu beberapa peralatan dan isi nya.

  • Troli
  • Handuk tangan
  • Handuk badan
  • Handuk buat lantai atau bet met
  • Sprei single
  • Sprei doble
  • Selimut single
  • Selimut doble

Adapun yang di atas ini adalah isi dari troli dan perlengkapan lainya sebagai berikut.

http://indahwidayani.blogspot.com

Kurang lebihnya seperti ini peralatan untuk membersihkan kamar kamar guest house.

Jadi itu adalah peralatan peralatan yang perlu di siapkan sebelum mulai bekerja, biasanya tinggal nunggu koordinasi dari bagian front ofice karena mereka yang tau tamu sudah keluar apa belum.

Waiters (pelayan)

https://pixabay.com

Secara pengertian orang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi para pelanggan guest house. jadi tugasnya menghendel makanan.

Dan di sarankan harus selalu senyum, ramah, berpenampilan yang menarik cantik cantik dan ganteng ganteng lah pokoknya.

Dalam bagian ini pula banyak mendapatkan uang tips (atau saweran) mantap kan, akan tetapi tergantung juga kalau makanan yang di masak koki masih aman sudah tenang saja , akan tetapi kalau habis duluan repot pasti komplain habis habisan.

Tapi itu sudah seperti makanan yang sering di makan ya sudah biasa, yang harus di hadapin setiap hari.

Koki

 

https://pixabay.com

Pasti tidak asing lah kalau bicara tentang koki yaitu masakannya yang hmm nikmat pokoknya.

Na di sini ketika dulu di guest house koki itu masak ketika sarapan pagi dan kalau ada pesanan siap saji seperti nasi goreng, cap cay, pokoknya chines food lah, biasanya koki ini di bantu sama cook helper atau juga di sebut asisten masak.

Dan koki ini yang lumayan tinggi gajinya pokoknya lebih dari kariyawan biasa karena dari bagian ini juga di tentukan kualitas guest house itu.

Cook Helper (asisten masak)

https://pixabay.com

Cookhelper (asisiten masak) tugasnya adalah menyiapkan semua kebutuhan yang di inginkan oleh koki jadi biasanya koki nanti mengasih tau kepada asisten nya untuk menyiapkan bahan-bahan yang telah dia tentukan.

Setelah itu cookhelper bilang di bagian gudang kalau perlu barang barang yang harus dia belikan.

Dan yang nggak kalah penting adalah bagian ini.

Scuet (cuci piring)

Namanya keren kan scuet ternyata cuci piring, tapi jangan di remehkan bagian ini karena kalau nggak ada ini semua alat alat dapur jadi berantakan.

Tugasnya adalah menyiapkan piring piring yang mau di pakai dan juga tempat buat makanan lainya.

Dan dulu aku di guest house itu pernah di berbagai bagian.

Yang pertama itu di bagian scuet ini ,ini adalah pengalaman yang mantap lah harus menghafal berbagai macam piring dan kegunaan, kurang lebih selama 3 bulan juga aku di sini.

Yang ke dua adalah bagian waiters atau pelayan, butuh ekstra sabar tapi muka ini harus selalu tersenyum, selalu tamu itu yang paling benar pokoknya tamu adalah raja lah, di tuntut agar selalu ramah selalu bilang terimakasih dan siap di komplain.

Harus memakai jurus yaitu kuping budek moto picek rai gedeg ( telinga tebal, mata buta, muka gak punya malu)

Lantas mau bagimana lagi karena itu pekerjaan sehari hari tapi untungnya di waiters ini sering melihan yang cantik cantik lah hehe.

Yang ke tiga yaitu roomboy in housekeeping di dalam bidang ini sama juga 3 bulan.

Tugasnya pastinya adalah membersihkan kamar yang sudah di pakai harus hafal juga nama nama handuk nama nama seprai seperti sd motif, ss motif, dd motif, ds motif yang aku terangkan di bagian atas tadi.

Dan yang terakhir adalah front ofice yang ini kurang meguasai karena dulu itu cuma sebagai pengganti sementara, karena yang biasanya lagi cuti cuman sedikit tau lah bagaimana melayani tamu menjelaskan berbagai fasilitas yang ada.

Yang paling berat itu ketika mendapatkan tamu yang tidak bisa berbahasa indonesia atau inggris itu yang paling merepotkan.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.