Jogja Kota Pendidikan

https://pixabay.com/id/users/rawpixel-4283981/

Yogyakarta atau yang terkenal nama Jogja nya banyak orang yang menyebutnya sebagai kota pelajar dan budaya. Begitu juga di sinilah secuplik ceritaku terukir di kota ini,

Kalau kemarin bercerita tentang mulai merantau di kota atlas, Dan sekarang adalah bagaimana ceritaku di Kota pendidikan yang penuh dengan pelajaran hidup,

Perjalanan Menuju Jogja

https://pixabay.com/id/users/tama66-1032521/

Dulu setelah pamitan dari teman teman di semarang, Aku sempatkan untuk pulang ke rumah Ponorogo dahulu sebelum berangkat ke Jogja

Karena dulu, Keadaan sedang musim tanam jadi aku dikasih uang sama bapak itu cuma sekirat 400 ribu rupiah, Karena ini adalah tekatku dan aku pasrahkan semuanya kepada Allah.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah

(Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya),

Doa ini yang selau aku panjatkan setiap aku pergi.

Perkataan nabi Muhammad yang aku jadikan pedoman sampai sekarang karena aku yakin dia adalah utusan Allah.

Berangkatlah aku ke Jogja dengan naik bus antar kota, Dari Ponorogo menuju ke Madiun dulu setelah itu langsung tujuan Jogja,

Setelah  Sampai di Jogja

https://pontas.id/2017/12/24/akhir-tahun-pariwisata-yogyakarta-melonjak-tajam/

Ke dua kalinya aku atang di kota ini yang pertama itu di waktu studi tour SMP (atau acara sekolah bersama sama)

Pertama datang , Mbak Maisaroh itu sudah pesan nanti turun di terminal giwangan ya, Malah aku di turunkan di terminal jombor, jadi aku harus naik trans Jogja untuk ke terminal giwangan tapi aku jadi muter muter karena salah bus parah lah pokoknya.

Hampir 2 jam aku baru sampai di terminal giwangan,

Setelah itu menuju rumah Mbak Maisaroh , Dan di jalan menuju rumah  aku cuman jadi bahan tertawaan karena salah masuk bus trans tadi.

Setelah sampai rumah di kasih makan dan suruh istirahat dahulu, baik banget lah orangnya semoga Allah yang mengganti semua itu

Menuju Masjid Asy Syams

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1671432809641738&set=pb.100003251054914.-2207520000.1552285819.&type=3&theater

Inilah masjid tempat aku tinggal di Jogja kurang lebih selama 3 tahun 6 bulan.

Dulu pernah di tanya ,Den kamu pilih pengen sekolah naik sepedah atau di antar jemput, Ya antar jemput lah mbak , Tapi nanti kamu di pesantren putri bantu bantu pak kyai  (tokoh agama) , Baik siap mbak.

Di antarlah aku ke masjid asy syams yang terletak di kecamatan pengasih di kabupaten Kulon progo Provinsi Daerah istimewa yogyakarta.

Pertama datang di kenalkan seorang perempuan yang sangat super dia keras orangnya akan  tetapi dia sangatlah mendidik namanya adalah inan syamsinar orang dari padang sumatera,

Dia seorang pembisnis yang hebat dan dialah yang mendirikan panti asuhan asy syams yang menurutku ter megah lah dengan bangunan yang bagus.

Dan yang kedua adalah seorang kyai yang membimbingku untuk selalu berbuat baik pemberani dia adalah kyai subandi orang jawa campuran sumatera, jadi dengan khas wataknya yang keras.

Dan alhamdulilah aku diterima di sini dan tugas ku adalah menyapu, Membersihkan tempat wudhu dan mengepel masjid ,Dan sebagai muadzin (orang yang adzan)

Dan hari hariku di Asy Syams mulai dari sebelum subuh itu siap siap untuk adzan, Setelah itu membaca al-qur’an ,Membersihkan tempat wudhu dan lanjut menyapu masjid dan siap siap berangkat sekolah.

Nanti setelah pulang sekolah sekitar jam 2 siang istirahat sebentar lalu jam 3 adzan kalau sudah waktunya.setelah itu bersih bersih lagi setelah itu rehat persiapan magrib.

Biasanya setelah magrib itu aku di ajak mendampingi pengajian karena anak anaknya ikut jadi kaya seperti beby sister lah.Tetapi semoga yang aku lakukan itu dapat barokah

Dan juga sering ketika pengajian itu aku bawa dagangan seperti baju koko mukena.

 

Hari hari ku lalui seperti itu kalau di bilang bosan pasti bosan, Akan tetapi namanya juga perjuangan kalau perjuangan itu ya berat yang ringan itu namanya istirahat betul bukan hehe

Hari Pertama Sekolah di SMA

https://pixabay.com/id/users/free-photos-242387/

Bulan Juli 2014 aku diterima di SMA Muhammadiyah 1 wates dengan teman yang baru lagi dan ironisnya aku adalah yang paling tua di banding teman teman yang lain, Tetapi tidak masalah berarti kan pengalaman nya lebih banyak hehe.

Dan di sekolahan yang aku tempatin itu banyak sekali teman teman yang dari luar daerah juga seperti Surabaya, Lamongan, Sragen, Semarang, Magelang, Tasik, Bandung, Banyumas pokoknya beragam lah jadi kalau mereka ngomong pakai bahasa daerah masing masing bingung tapi lucu apalagi bahasa ngapak hedeh.

Akan tetapi dari beda Daerah itu kita bisa tau bagaiman cara mereka menghormati orang, Cara mereka bergaul tapi seru bener ketika yang dari Surabaya terkenal dengan rek kon yo opo sih.

Dan yang dari Banyumas dengan bahasa ngapak nya kayakue kencot inyonge .Jadi dulu kita kalau lagi marah marah itu menggunakan bahasa daerah jadi nggak ada yang merasa tersinggung sungguh karena mereka tidak paham hehe.

Memborong Juara di IPM

Salah satu yang tidak dapat di lupakan adalah sebagai siswa juga pernah menjadi seorang juara, Ini adalah juara tingkat organisasi se kabupaten Kulon Progo Yogyakarta IPM (ikatan pelajar muhammadiyah). Karena dulu aku pernah jualan jadi mental ini jadi karena sudah biasa berhadapan dengan orang banyak.

Ya itulah sebagian dari cerita yang manis ketika sekolah di Jogja

Tetapi ada juga yang harus berjuang demi itu semua pernah kalau sore itu pekerjaan mengurus masjid sudah selesai itu di parkiran masjid itu penuh dengan mobil jadilah aku sebagai joki atau yang sering menyebrangkan mobil ke jalan raya. Itu aku lakukan dengan iklas tapi kalau aku di kasih uang juga aku terima tapi tidak pernah menentukannya.

Karena semua itu kalau di lakukan dengan iklas hanya mengharap rido dari Allah tidak akan ada rasa sakit dalam hati ini, Kalau masih ada sakit di hati berarti kita masih ingin di balas sama mahluk.

Inilah diriku ketika sore demi menambah uang jajan karena orang tua jarang mengirim uang, Kadang juga di kasih Mbak Maisaroh sering malah , Makanya aku selalu berdoa kepada Allah semoga kelak aku bisa membalas jasa jasa orang orang yang pernah menolong diriku harus itu.

Dan ini yang terakhi ada foto ketika aku juara tembang mocopat (pantun yang di lagukan). Jogja adalah Kota pendidikan dan Kota Budaya jadi setiap 1 bulan sekali wajib menggunakan adat khas Jawa.

Karena aku asli orang Jawa maka aku harus bangga dengan Daerahku sendiri biarkanla orang berkata apa tentang suku Jawa dan pada dasarnya mereka yang menghina juga tinggal di daerah Jawa.

Sepira gedhining sengsara, yen tinampa among dadi coba

Artinya :
Seberat apapun suatu cobaan yang diterima manusia, jika dijalani dengan ikhlas akan diperoleh hikmah

Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti

Artinya :
Segala sifat keras hati, hanya bisa dikalahkan dengan sikap lembut hati dan sabar.

Aja seneng gawe ala ing liyan, apa alane gawe senenge liyan

Artinya :
Jangan suka mencelakakan orang lain, tidak ada salahnya membuat senang orang lain.

Salam damai Nusantara.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.