Kamu Harus Tau Ini (Tips Penting Untuk Kelinci Anggora)

Assalamu’alaikum, salam sejahtera bagi kita semua, pastinya kamu harus tau apa saja yang di butuhkan untuk merawat kelinci anggora.

Ada beberapa hal yang sebenarnya sudah biasa di tanyakan dan tapi secara mendalamnya jarang sekali, pada kali ini akan mengungkap apa saja 3 hal penting yang harus kita ketahui berikut ulasan lengkapnya.

3 Hal Harus Kamu Tahu Sekitar Kelinci Anggora

gambar kelinci lucu
fambos.com

Ada beberapa hal yang wajib kita tahu yaitu:

  • Berapa Harganya?
  • Bagaimana cara merawatnya?
  • Apa saja makanannya yang baik?

Biasanya ketika kita mau memelihara, sebagai hias atau produksi kita wajib mengetahui 3 hal dasar ini. Jika kita tidak tahu berapa harga kelinci yang mau kita beli.

Atau juga kita kurang tau apa saja makanan kelinci selain sayur vitaminnya apa saja. Dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara merawat kelinci supaya tetep sehat.

Maka dalam artikel ini kita mau membahas 3 hal utama yang wajib kita tahu. Berikut selengkapnya.

Harga Kelinci Anggora

harga kelinci anggora
pixabay.com

Sebelum kita membeli ,biasanya kita mencari tahu dahulu berapa harganya?, dimana belinya?, betul bukan?.

Berikut adalah beberapa daftar harga kelinci yang saya lihat dari beberapa sumber.

Baca juga jenis kelinci 2019.

harga kelinci

harga kelinci

Harga Anggora Inggris

kelinci anggora inggris

Kelinci inggris adalah salah satu varietas kelinci yang sangat popular di Indonesia. Mengapa demikian karena anggora inggris memiliki bulu yang sangat tebal dan oleh karenanya sangat lucu dan menggemaskan.

Sangat mudah untuk mengetahui anggora inggris yaitu cukup dengan melihat kuantitas bulu yang tumbuh di sekujur badan kelinci tersebut.

Sedangkan Kelinci inggris diumur 1 sampai 3 bulan sudah mencapai 600 ribu per ekor, dan ketika diumur 4 bulan sudah mencapai sekitar 2 juta rupiah. Jika Anda ingin mempunyai kucing anggora Inggris, Anda harus mempertimbangkan beberapa peralatan dan asupan nutrisinya.

Baca juga gambar kelinci anggora lucu dan imut.

Harga Anggora Jerman

kelinci anggora jerman

Negara Jerman juga menjadi salah satu negara yang mencoba untuk menternakan. dan oleh karena itu kita mengenal anggora jerman kali in. Anggora jerman memang lumayan unik karena bulunya. sangatlah lembut dan halus jika di sentuh.

Memang anggora jerman ini merupakan jenis yang paling banyak dibudidayakan, biasanya untuk diambil bulunya untuk baju dan perhiasan.

Sedangkan anggora jerman ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan di Indonesia dan oleh karenanya harganya cenderung lebih murah. Harga anggora muda diumur 1-3 bulan berkisar 400 ribu, sementara anggora jerman dewasa diatas 4 bulan bisa mencapai 700 ribu perekor.

Harga Anggora Perancis

kelinci anggora perancis
tribunnews.com

Negara Prancis juga memiliki tipe anggora sendiri, dimana jenis anggora prancis memiliki fitur yang khas. Badan dari anggora prancis pada umumnya kecil. Hanya saja, karena kelinci ini memilki bulu yang sangat banyak, maka badan kelinci terlihat menggumpal.

Karena hal inilah yang membuat anggora prancis cukup terkenal di Indonesia, karena fiturnya yang sangat menggemaskan dan juga harga yang cenderung murah.

Jika ingin menmembeli kelinci  ini, Anda bisa menyiapkan sekitra 200 ribu rupiah untuk usia 1- 3 bulan, dan sekitar 500 ribu rupiah untuk usia 4 bulan keatas.

Harga Anggora Giant

Anggora giant atau anggora raksasa adalah salah satu jenis yang mempunyai tubuh yang sangat besar. Kelinci ini sangat besar sehingga jadi jangan mengurung mereka di kandang yang kecil karena akan membuat kelinci stress.

Kelinci jenis giant ini lebih baik dibebaskan di rumah, akan tetapi rumah kita harus bersih. Anggora giant pun merupakan sebuah jenis yang masih sangat sulit untuk didapatkan atau agak langka dan oleh karenanya harganya yang cukup mahal.

Harganya pun sekitar usia 1-3 bulan  harga kelinci ini bisa mencapai 300 rupiah, dan diusia 4 bulan keatas harganya bisa mencapai 1 hingga 2 juta rupiah.

Harga Anggora Hias

Anggora hias sebenarnnya bukanlah sebuah jenis, melainkan berbagai jenis yang mempunyai bulu- bulu yang sangat cantik sehingga bisa menghias rumah.

Kelinci hias tersebut pun seringkali digunakan untuk lomba-lomba pertunjukan kelinci sehingga kita membayangka harga kelinci ini yang cukup mahal.

Semua jenis anggora dengan perawatan yang tepat bisa menjadi anggora hias, akan tetapi jika Anda memilih untuk membeli, maka Anda harus menyiapkan sekitar 500 ribu rupiah untuk peranakan muda usia 1-3 bulan, dan rata-rata 1 juta keatas untuk umur 4 bulan ketas.

Cara Merawat Kelinci Anggora

cara merawat kelinci anggora
https://pixabay.com/id/photos/dokter-hewan-burung-hantu-hewan-1050805/

Sebelum kita merawat kelinci alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa saja yang perlu di butuhkan. Cara merawat kelinci hias dan pedaging itu beda.

  • Tempat tinggal yang nyaman

Hal yang pertama pastinya adalah tempat tinggal, untuk tempat tinggal bisa beli di pet shop atau membuatnya sendiri.

Sealain itu juga perhatikan suhu ruangan, yang di gunakan sebagai tempat kandangnya idealnya dengan suhu 21 derajat celcius.

  • Menyiapkan tempat untuk bersembunyi

Harus kita tahu bahwa kelinci yang lucu ini biasanya suka bersembunyi kenapa?.

Biasanya dia bersembunyi untuk meilindungi dari hal-hal bahaya atau atau untuk bermain-main saja. Gunakan kardus bekas atau yang lain.

Dengan adanya ruangan ini kelinci jadi senang karena memiliki tempat persembunyian dan juga untuk tempat bermain.

  • Jangan lupa tempat minum dan pakan

Binatang yang lucu ini sangat senang sekali menggigit barang-barang yang ada di sekitarnya.  Jadi pilihlah wadah yang berbahan tanah liat atau stenlis.

Sedangkan untuk tempat minum pilihlah yang berbentuk botol atau dot. Jangan meletakkan mangkok untuk air minumnya kenapa, untuk menjaga bulunya supaya tidak basah.

Biasanya di pet shop banyak yang jual botol kelinci.

Rutin Memeriksa kesehatan

Kalau sudah ada tanda tanda seperti:

  1. Mata dan hidung berair
  2. Demam
  3. Sering mengeluarkan air liur

Biasanya kelinci dengan gejala ini, sudah terindikasi kesehatannya terancam, jadi sering-sering memeriksa kesehatannya ke dokter hewan.

Menjaga Kebersihan Kelinci

Selain menjaga kesehatan, kebersihan pun tidak kalah pentingnya. Kelinci identik dengan rambutnya yang panjang dan lebat. Jadi harus rutin memandikannya.

Sedangkan cara memandikan kelinci tidak susah. Siapkan air hangat dalam ember yang biasa dipakai untuk memandikan bayi.

Pegang kelinci dengan lembut supaya ia tidak lari karena pada dasarnya hewan ini takut air.

Apa bila kelinci sering garuk- garuk bisa jadi dia memiliki kutu, untuk menghilangkan kutunya bisa di bawa ke pet care ini perawatan khusus menghilangkan kutu.

Bersihkan Kandang Secara Rutin

Salah satu cara membuat kelinci merasa bahagia dan senang adalah dengan menjaga kebersihan kandangnya.

Jika perlu membersihkannya setiap hari untuk mengeluarkan sisa makanan supaya tetap terjaga kebersihannya.

Cara membersihkan kandang pun sangat mudah.

  • Pindahkan anggora ini dari kandangnya ke tempat yang lebih aman.
  • Lalu keluarkan sisa seperti makanan, kotoran-kotoran lain, dan mungkin rambut-rambutnya yang rontok.
  • Jangan lupa untuk memakai sarung tangan sebelum membersihkan kandangnya.

Ketika membersihkan kandang jangan lupa periksa kondisi kandang. Jika menemukan ada kerusakan yang sifatnya membahayakan segeralah perbaiki.

Makanan Kelinci Anggora

makanan kelinci anggora
pixabay

Untuk memberikan makanan kelinci umur 2 bulan anda bisa memberikannya Hay.

Atau bisa disebut rumput kering ada banyak jenis macamnya anda bisa memilih salah satunya diantara makanan berikut ini:

  • Orchard Grass
  • Coastal hay
  • Bermuda Hay

Dan jangan sesekali memberikan jenis rumput kering Alfafa yang banyak mengandung kalsium tidak baik yang menyebabkan kelinci dapat mencret ataupun sakit.

Karena cara merawat kelinci Anggora agar bulunya lebat salah satunya dengan memperhatikan pola makannya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.