Gila Manfaat Kelinci Rex (Beda Dari Yang Lain)

Jika kita bandingkan dengan Anggora kelinci rex ini, agag asing ya di telinga kita, apakah dia familiar sebagai kelinci hias, pedaging, industri atau malah ke tiga-tiganya.

Akan tetapi hewan yang memiliki nama lain Oryctolagus cuniculus ini mempunyai tampilan yang bagus dan mewah untuk di jadikan sebagai peliharaan.

Untuk informasi yang lebih lengkap, yuk, kita simak beberapa ulasannya.

Seputar Kelinci Rex Di Dunia Usaha

kelinci rex
palembang tribun.news

Selain di jual sebagai kelinci pedaging, dan hias ternyata bulu kelinci ini bisa di manfaatkan sebagi bahan yang memiliki nilai yang tinggi.

Karena kulit serta bulu kelinci yang cukup tebal dan lembut, sehingga banyak di minati oleh pasar internasional, di gunakan sebagai bahan baku produk aksesoris, fashion dan yang lain.

Jika kita lihat berdasarkan data, di Balai latihan pegawai pertanian atau biasa di singkat (BLPP) di Bogor.

Ternyata kulit serta bulu kelinci  dapat di manfaatkan sebagai bahan baku seperti:

  • Jaket
  • Selendang
  • Tas
  • Dompet
  • Bahan pelapis jaket
  • Bahkan Bonekah

Berapakah harga kulit bulu di pasar internasional?

Asal kalian tau bahwa harga kulit serta bulu kelinci  ini di pasar internasional antara $9-15 per lembar. Ketika sudah setengah jadi, harganya lebih mahal sekitar $18 per lembar.

Kalau kita mau hitung-hitung 1$= Rp 14.000 tinggal di kalikan berapa yang akan kita dapatkan, pastinya banyak sekali, akan tetapi itu tidak mudah butuh proses.

Pasar ekspor dan juga sebagai konsumen utama kuli serta bulu kelinci jenis ini adalah Eropa, Amerika, Rusia, dan juga Asia bagian Utara.

Sedangkan jepang saja mempunyai permintaan sekitar 20.000 per lembar per bulan. Singapura sekitar 1000 lembar setiap minggunya.

Akan tetapi angka tersebut belum mampu di penuhi karena terbatasnya populasi serta, masih sedikitnya peternak kelinci yang mengembangkan dalam jumlah besar.

Ini masih yang di gunakan adalah bagian kulit dan bulu, ada juga yang memelihara sebagai hewan peliharaan dan juga sebagai pedaging, berikut lebih lengkapnya.

Baca juga tips untuk kelinci anggora yang sering di sepelekan.

Sebagai Usaha Yang Prospektif

Sebagai Usaha Yang Prospektif
si pendik.com

Ada yang tahu tidak, mulai kapan kelinci rex carpet eksis atau terkenal di Indonesai?.

Yak betul sekitar tahun 2000-an. Jenis kelinci ini sangat cocok sekali untuk di ternakkan di daerah yang memiliki iklim sejuk yang memiliki suhu sekitar 5-15 Celcius.

Contohnya di kawasan yang sejuk seperti:

  • Bandung di daerah Lembang
  • Batu
  • Malang
  • Bogor
  • Dan daerah sejuk yang lain.

Peternakan selain di ambil sebagai bulu dan kulit seperti yang telah anda baca di atas tadi, juga banyak yang menginginkan sebagai hewan peliharaan , dan komsumsi atau diambil dagingnya.

Sebagai Binatang Peliharaan

Sebagai kelinci hias atau peliharaan, kelinci ini di jual dalam berbagai varian, dari mulai dewasa yang siap untuk di kawinkan dan anakan yang berusia di bawah 3 bulan.

Sedangkan harga kelinci rex betina impor yang siap kawin bisa sampai Rp 500,000. Bisanya kelinci betina yang siap kawin berusia 6 bulan.

Sedangkan 1 indukan bisa melahirkan 6x dalam 1 tahun dengan jumlah anak sekitar 4-6 ekor.

Sedangkan untuk penjualan anak kelinci mini rex , harganya berfariasi untuk usia 1,5 bulan sekitar Rp 60,000- Rp 80,000, dan yang umur 3 bulan harga jualnya sekitar Rp150,000.

Sebagai Konsumsi Pedaging

tongseng kelinci
resepkoki.id

Daging kelinci memiliki rasa yang lezat dan juga memiliki kandungan protein yang tinggi, yang lebih mantap lagi yaitu rendah kolesterol jadi untuk penderita kolesterol aman untuk di konsumsi.

Baca juga cara beternak kelinci pedaging mudah praktis.

Biasanya daging kelinci ini di olah seperti:

  1. Sate
  2. Tongsesng
  3. Gulai Kelinci

Sedangkan Harga daging mentahnya sekitar 8000-15000 per kilogram, sangat lah murah.

Saat ini negara-negara pengimpor terbesar daging kelinci adalah Italia, Perancis, Brunai, Jepang dan Singapura.

Itulah kelebihan dari kelinci rex mulai dari bulu,kulit daging dan keindahannya semua bermanfaat dan bisa di manfaatkan.

ini ada contoh vidio ternak kelinci.

Setelah kita tahu kegunaannya untuk apa saja sekarang adalah bagimana cara merawat kelinci ini.

Cara Merawat Kelinci Rex

Ada beberapa jenis kelinci rex yang perlu kita ketahui, kelinci ini juga memerlukan perawatan yang baik agar baik dan berkualitas. Apa saja yang perlu di perhatikan berikut ulasan selengkapnya.

  • Kandang

Pastikan kondisi kandang selalu terjaga kebersihannya pastinya akan membuat kelinci menjadi nyaman, ibarat kita sendiri kan kalau tempat bersih kan nyaman.

  • Pakan

Selain kebersihan kandang juga pastikan pemberian makan yang tepat, maksud tepat di sini adalah berkualitas, dari segi serat, gizi, serta vitamin.

Ada beberapa makanan alami seperti bayam, lobak, pakcoy, seledri, wortel dan brokoli, boleh lah di kasih buah seperti apel, pir, melon dan pisang.

  • Bulu

Yang paling bagus dari kelinci rex adalah bulunya, karena bulunya ini sangat mahal dan berharga sekali seperti yang di jelaskan di atas tadi.

Cara merawat bulu seperti biasa membersihkan secara rutin akan membuat mereka semakin nyaman.

Jangan lupa pastikan kelinci sesekali dalam 1 minggu juga dapat merasakan bebasnya di luar, seperti layaknya mereka di alam bebas di alam.

Itulah beberapa keunggulan kelinci jenis ini mulai dari bulu serta kulit, keindahan dan juga dagingnya semuanya bisa dimanfaatkan. Kotorannya dan kencingnya juga bisa di jadikan sebagi pupuk alami jadi semuanya bermanfaat.

Itulah kawan beberapa keunggulan kelinci rex ini semoga artikel ini bermanfaat untuk mu terimakasih.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.