Liburan di Gunung Bromo

https://pixabay.com

Assalamu’alaikum, ahlan wasahlan teman bagaimana kabarnya? semoga selalu sehat amin,

Kali ini aku mau menceritakan liburan di Gunung Bromo teman, ini adalah cerita ke 5 yang aku tulis ke satu pengalaman ujian dan makna sabar, yang ke dua mulai merantau di Kota Atlas , yang ketiga Jogja kota pendidikan dan yang ke empat bekerja di Inan guest house

Liburan ke gunung Bromo ini sebenarnya adalah hadiah dari pimpinan ketika dulu bekerja di guest house, ketika itu bertepatan dengan tahun baru dan itu rame banget guest house nya makanya setelah itu dapat bonus liburan.

Persiapan

 

https://pixabay.com

Seperti biasa kalau mau liburan itu pasti persiapan kan, apalagi anak perempuan ribet banget pokoknya masih menyiapkan ini, itu capek sendiri pokoknya kalau melihatnya dan kalau sampai tempat pun pasti nggak akan di pakai semua, itulah namanya perempuan hehe.

Setelah melakukan persiapan aku menunggu mobil yang aku carter,  aku ke bromo dengan teman teman dan satu mak mak, sebenarnya aku nggak mau mengajak tapi memaksa.

Adapun rute perjalananya sebagai berikut.

Malang ke Tumpang ke Gubugklakah ke Ngadas lalu Jemplang. Sampe ke Jemplang kira – kira butuh waktu 2 jam dari Malang. Bisa jadi 3 jam kalo gak begitu lihai bawa kendaraan. Dari Jemplang, ada dua kemungkinan. Parkir kemudian oper pake jeep atau kuda, atau nerusin pake motor. Kalau bawa mobil, di Jemplang harus turun. Kecuali ikut travel agent sama bawa motor ya.

Seperti itu kurang lebihnya rutenya.

Jangan lupa sebelum berangkat siapkan cemilan yang lumayan lah di gunung makanannya agak mahal, jadi lebih baik bawa dari luar saja.

Jaket, penutup kepala, sarung tangan juga perlu karena sangat dingin.

Pindah Naik Jeep

https://pixabay.com

Setelah aku dan teman-teman sampai di jeemplang itu harus ganti menyewa jeep untuk naik, karena mobil dilarang naik karena medan yang sangat berbahaya,

Kira-kira harga sewanya sekitar 600 ribu kalau belum naik terakhir itu 2017 kemarin, jadi harus sewa 2 kali berangkat dari malang dan untuk naik ke bromo nya. tapi tidak apa-apa karena di bayarin hehe.

Ketika mau naik posisi di jeep itu sudah dingin nya masyaAllah dingin bener, sampai sampai udah pakai kaos, sweter, dan jaket itu masih tembus dinginnya.

Perjalanan naik kira-kira menghabiskan sekitar satu jam kurang lebih.

Mendaki 2000 Anak Tangga!!

https://pixabay.com

Ketika sudah sampai di pos utama tantangan di depan sudah menunggu yaitu 200 anak tangga mantap.

Sebelumnya teman teman oke oke saja, setelah mendengar 2000 anak tangga mereka sudah membayangkan yang tidak tidak.

Tapi tetap semangat karena aku dan teman teman ingin melihat secara langsung keindahan ciptaan Allah yang sungguh masyaAllah indahnya.

Jadi jangan sampai kita di Indonesia mempunyai pemandangan yang sungguh indah tapi kita semua belum pernah melihatnya, sisihkanlah sebagagian harta untuk berlibur dan melihat ciptaan Allah yang ada di Indonesia ini.

Aku dan teman-teman terus bersemangat mendaki walaupun ya dapat berapa sudah berhenti hehe, tapi kan masih terus berlanjut.

Keindahan Sunrise

https://pixabay.com

Terbalas sudah rasa capek aku dan teman-teman ketika sudah sampai di atas.

Aku dan teman-teman sekitar butuh waktu 2 jam untuk sampai di atas, lama ya karena ya itu sering berhenti maklum bawa anak perempuan, ini rekan kerja tenang aja hehe.

Jadi sampai di atas itu sekitar setengah lima lah waktu subuh itu, aku sempatkan sholat dahulu setelah itu pesan kopi, karena kopi itu bisa bikin inspirasi asek, 

Tau nggak harga secangkir kopi berapa?

8000 satu gelas karena terlalu dingin nya suasana di sana, sampai sampai air yang mendidih itu ketika sudah di seduh di kopi nggak terasa panas, tetapi setelah pagi baru kerasa di lidah hhh.

Dah aku dan kawan-kawan menunggu sunrise muncul.

Dan masyaAllah sungguh indah ciptaan Allah itu dari gelap hingga terang dan nggak lupa pula yaitu foto-foto hehe.

ini cuma contoh saja ada albumnya di facebook lebih lengkapnya hehe.

Jadi sangat di sayangkan sekali kalau belum pernah ke sini kalian akan tau betapa indahnya Allah menciptakan ini semua, tanpa ada bantuan. fabiayyi ala irobbikuma tukadziban (maka nikmat tuhan-mu yang mana yang kamu dustakan).

Setelah itu aku dan teman-teman turun untuk menuju pasir ber bisik.

Pasir kok ber bisik apa itu?, penasaran kan, dah lanjut aja hehe.

Pasir Ber-bisik

Jadi begini ceritanya kok bisa dinamakan pasir ber-bisik.

Kawasan puncak Gunung Bromo itu sangat terkenal dengan julukan Pasir Berbisik di kalangan wisatawan maupun manca negara. Memang ada lautan pasir yang sangat luas di sana. Tapi, sejak kapan ya nama Pasir Berbisik mulai populer?

Pasir Berbisik, itulah banyak orang yang menyebutnya sebagai lautan pasir yang terkenal di Bromo. Hamparan luas padang pasir ini selalu menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Secara cerita.

Usut punya usut, asal mulanya berkaitan dengan film karya sutradara Nan Achnas tahun 2001 silam yang berjudul Pasir Berbisik.

Bercerita tentang seorang gadis desa bernama Daya yang tinggal di perkampungan miskin bersama ibunya yang sudah lama ditinggal oleh suaminya sejak Daya masih kecil.

Kondisi lingkungan yang tidak selalu aman serta jarak yang jauh dari peradaban modern membuat ibunya sangat protektif sehingga Daya suka bertingkah aneh. Salah satunya, ia sering menggulingkan tubuhnya ke tanah pasir, karena ia merasa bahwa pasir dapat berbisik kepadanya.

Ini dikutip dari  detikTravel dari berbagai sumber (21/7/2016)

Jadi seperti itu ceritanya kok bisa dinamakan sebagai pasir ber-bisik.

setelah foto-foto di pasir ber-bisik aku dan teman-teman lanjut mendaki menuju kawah Gunung Bromo.

Kawah Gunung Bromo

https://pixabay.com

Kalian tau nggak?, ternyata gunung Bromo ini masih aktif loh !!!

Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif, yang berada di empat perbatasan kabupaten pemerintah Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang dan berada dalam pengawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kawah gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah yang rawan bahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Mantap kan teman masih ada lagi ini ternyata?.

Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut, menjadi daya tarik atau bis di katakan menarik karenan kawah gunung bromo masih aktif serta rutin mengeluarkan asap tebal indah dan cantik.

Dan ternyata kalian tau nggak berapa ketinggian gunung Bromo?

Gunung Bromo yang terkenal dengan sunrisenya dipenanjakan 1 atau gunung penanjakan gunung Bromo dengan ketinggian 2.770 mdpl.

Itulah yang menjadi favorit para wisatawan baik wisatawan lokal atau wisatawan asing selain itu masih ada lagi obyek wisata lain dikaldera tengger yakni padang rumput savana serta pasir berbisik,.

Itulah teman sekilas tentang gunung Bromo sumber di atas aku ambil di sewajeep(dot)com.

Na setelah sudah melihat sunrise, pasir ber-bisik, dan kawah gunung Bromo dah setelah itu kami pun pulang ke malang lagi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.