Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat madu hitam

Menurut doktersehat madu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah di kenal sangat ampuh.

Madu murni mempunyai kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh. Di dalam saluran pencernaan manusia, terdapat bakteri-bakteri baik yang bersifat menguntungkan.

Di antaranya adalah Bifidobakteria dan Lactobacilli yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan manusia.

Madu juga memiliki kandungan kalsium sebanyak 3-31 mg/100 gram gula. Kalsium tentu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak dan pencegahan terjadinya ostoporosis pada mereka yang sudah berusia lanjut.

Selain memiliki efek yang baik untuk tulang, madu juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol (HDL), dan meningkatkan NO (nitrit oksida).

NO merupakan suatu gas yang berperan untuk melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi otot jantung, dan mengatur tekanan darah. Hal ini membuat madu dapat menjadi teman yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung atau stroke.

Manfaat Madu Hitam

Manfaat madu hitam

Ada beberapa manfaat madu yang selama ini sudah banyak yang membuktikan.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan
  2. Menurunkan gejala asam urat
  3. Meningkatkan stamina
  4. Mengatasi gangguan pernapasan
  5. Menurunkan gula darah
  6. Menurunkan kolesterol
  7. meningkatkan fungsi ginjal dan hati

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sudah banayak di kenal madu hitam dapat di percaya dapat menetralkan asam lambung. Jadi buat kalian yang suka makan makanan yang asam, pedas maka lambung akan terlindungi.

 Menurunkan Gejala Asam Urat

Gunakan madu hitam secara rutin 3x sehari untuk mencegah asam urat kambuh lagi.

ciri-ciri asam urat dengan di tandai dengan gejala nyeri pada sendi, pembengkakan hingga sulit bergerak.

Meningkatkan Stamina

Selain 2 manfaat di atas madu hitam juga menambah stamina. Mengonsumsi madu hitam dapat mengembalikan stamina tubuh untuk terlihat lebih bugar kembali. kalau mau beli madu bisa ke

majelisazzikra.com

Sehingga dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat lebih bertenaga dalam menajalankan berbagai aktivitas.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Madu hitam yang mempunyai sifat antiinflamasi dapat melegakan dan mengatasi tenggorokan yang terkena radang. Selain itu, madu hitam juga dipercaya mampu membersihkan paru-paru dari berbagai patogen (parasit yang mampu menimbulkan penyakit pada inangnya).

Hasilnya, saluran penapasan pun dapat bekerja lebih maksimal. Madu hitam juga dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita asma.

Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan berbagai risiko dan penyakit, terutama penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah).

Mengonsumsi madu hitam secara rutin dapat menetralkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Selain itu juga mampu secara langsung menurunkan risiko serangan jantung koroner karena adanya aktivitas antitrombotik. Sifat ini dapat mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Membantu Tidur Nyenyak

Manfaat madu hitam

Madu meningkatkan produksi serotonin, juga mengandung triptofan yang akan diserap otak dan diubah menjadi serotonin. Selanjutnya, serotonin diubah menjadi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Mengobati Luka

Madu adalah antibiotik alami yang bisa bekerja dari luar maupun dalam tubuh. Sebagai obat luka, Anda bisa mengoleskannya langsung ke bagian tubuh yang luka untuk membersihkannya dari bakteri.

Mencegah Penyakit Jantung

Madu hitam sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dan flavonoidnya berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah jantung. Karena rasanya pahit, Anda bisa mencampur madu hitam dengan air.

Baik untuk Ibu Hamil

Madu yang boleh dikonsumsi untuk ibu hamil adalah yang sudah dipasteurisasi sehingga aman dari racun botulinum. Manfaat madu bagi ibu hamil adalah meningkatkan imunitas, mencegah insomnia, dan mengobati batuk.

Menyuburkan Kandungan

Meskipun belum ada bukti ilmiah, madu banyak digunakan sebagai penyubur kandungan karena mengandung antioksiodan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab ketidaksuburan. Madu juga diyakini mampu meningkatkan fertilitas untuk pria.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.