Misteri Pohon Katilayu (Mancing,Jimat,Pengasihan)

gambar pohon katilayu
pixabay

Anda mencari informasi tentang Pohon katilayu?, tepat sekali anda mampir di sini.

Yang akan di bahas di sini adalah apa saja manfaat dari pohon ini, bagaimana cara mengambil getah yang di incar oleh banyak orang dan juga ciri-ciri pohon ini agar anda tidak salah pilih pohonnya.

Darimana dapatnya sumber informasi ini?, saya dapat dari blog blog sekitar yang membahas tentang pohon ini lalu saya kumpulkan saya jadikan 1 artikel.

Langsung saja yuk.

Manfaat Getah Pohon Katilayu

manfaat getah katilayu

Konok katanya getah dari pohon ini sangat luar biasa manfaatnya untuk yang suka pelet dan sejenisnya itu ada juga yang mengatakan bisa di jadikan jimat mancing.

Sedangkan lokasi pohon katilayu ini banyak di temukan di Cirebon.

1. Sebagai Jimat Pancing

ga

Getah katilayu sangat terkenal di kalangan orang yang sudah mengenalnya yaitu akan kemampuannya menarik atau mengundang berbagai jenis ikan untuk mendekat. Konon pohon serutan pun juga ada unsur mistiknya.

Oleh karena itu getah yang menjadi batu ini banyak dimanfaatkan oleh para nelayan atau orang yang hobi memancing untuk memudahkan mereka menangkap ikan.

Ada beberapa cara penggunaan batu ini untuk memikat ikan.

  • Pertama getah katilayu dijadikan batu mata cincin kemudian dipasang di jemari seperti cincin pada umumnya.
  • Ketika anda sedang memancing anda tinggal mencelupkan tangan ke dalam air.
  • Dalam sekejap ikan-ikan akan segera berdatangan dari segala penjuru dan melihat umpan anda serta memakannya.

Namun apa bila anda malas mencelupkan tangan ke dalam air, karena khawatir terlihat aneh oleh orang lain. Anda juga dapat menjadikan batu getah katilayu sebagai pemberat pada joran atau tangkai pancing.

Sehingga hanya dengan memasukkan pancing ke dalam air seperti biasa, maka anda sudah dapat menarik banyak ikan, tapi juga di kasih umpan, jangan tidak itu lucu namanya. .

Namun hal ini juga cukup beresiko karena apa?, batu ini rentan pecah atau rusak ketika dibor untuk dijadikan sebagai pemberat.

Hati hati batu ini juga rentan hilang di dalam air ketika dijadikan pemberat joran padahal harga getah ini cukup mahal.

2. Meningkatkan Intuisi

Dengan memakai atau mengenakan batu getah katilayu dipercaya akan membuat intuisi anda lebih tajam sehingga tindakan-tindakan yang anda ambil lebih tepat sasaran. ini juga yang di pakai menteri yudicrisnandi.

Sebagai contohnya saja ketika menentukan lokasi untuk memancing, dengan menmakai batu ini intuisi anda akan lebih tajam sehingga lebih tepat ketika memilih lokasi pemancingan yang tempati banyak ikan.

3. Menambah Tenang dan Sabar Ketika Memancing

Katanya selain mengikat juga menambah ketenangan dan kesabaran dalam memancing.

4. Dijadikan Cincin Atau Batu Akik

cincin katilayu
bukalapak

Getah katilayu setelah di ambil akan menjadi keras dan menjadi seperti batu, batu ini merupakan bentukan asli dari alam.

Dengan mengelola seperti batu akik lainnya, anda akan mendapatkan batu cincin dengan beragam variasi warna yang sangat indah sehingga sangat cocok dijadikan mata cincin yang menghiasi jemari

5. Sebagai Perhiasan

Selain juga di gunakan sebagai batu akik dapat juga di gunakan sebagai perhiasan atau kalung. Konon katanya juga menambah keindahan perhiasan perhiasan lainnya ketika juga di pakai.

Konon ada yang bilang getah ini juga dapat di gunakan sebagai menguatkan rasa cinta pada pasangan. Ada juga yang bilang meningkatkan simpati dalam rekan kerja dan lain lain.

Semua itu tergantung kepercayaan anda tapi selalu ingatlah ada tuhan yang selalu melindungi kita, memberikan kenikmatan dari kita bangun tidur sampai tidur lagi.

Cara Mengambil Getah Katilayu Langsung Dari Pohon

cara mengambil getah katilayu

Cara ini saya baca di situs katilayu adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

  • Untuk Anda yang tidak merasa keberatan, silahkan berpuasa sunnah 1 hari saja. Hal ini di khususkan untuk meningkatkan tingkat keberuntungan Anda.
  • Waktu yang paling tepat untuk mengambil getahnya sekitar 6 jam setelah hujan turun pada malam hari, untuk itu silahkan catat jam berapa hujan turun di tempat tersebut pada malam hari.
  • Setelah perhitungan sudah pas, silahkan sediakan peralatan seperti Sekop pasir kecil, parang, pisau, dan wadah getah.
  • Jika sudah sampai pada bawah pohon, silahkan gali tanah di bawah pohon tersebut. Kenapa? karena getah katilayu biasanya mudah di cari di akar pohon, minimal 20 cm di bawah tanah.
  • Langkah selanjutnya, kupas kulit luar pohon tersebut selebar 10 cm, kemudian lubangi menggunakan pisau secara perlahan.
  • Atur lubang tersebut agar getah tersebut bisa menetes pada wadah yang Anda bawa.
  • Langkah terakhir, silahkan tunggu atau bisa Anda tinggal sampai wadah tersebut penuh.

Tips: Jika getah katilayu ini akan Anda jadikan sebagai minyak, bisa anda proses untuk mendapatkan sari patinya.

Ciri Ciri Pohon Katilayu

Terkadang ada yang bingung bagaimana ciri ciri pohon katilayu yang asli. Pohon katilayu seperti apa?. Pada bagian ini saya akan bahas bagaimana bentuk dari bentuk daun, bentuk batang, bentuk akar, bentuk bunga dan bentuk buah.

1. Bentuk Daun

daun katilayu

Yang pertama yang perlu kita ketahui adalah bentuk daunnya secara umum katilayu memiliki jenis daun majemuk atau daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun.

Sedangkan bentuk daunnya memanjang dan melonjong, pada setiap bagian ujung daun lancip serta tersusun secara menyirip. Untuk warna daunnya sendiri adalah hijau muda.

2. Bentuk Batang

Ciri ciri katilayu selanjutnya adalah pada batangnya. Pohon getah katilayu umumnya memiliki batang tegak lurus, lalu pada bagian atas batang akan ditumbuhi cabang cabang yang berfugsi sebagai tempat pertumbuhan daun.

sedangkan tekstur batang katilayu mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh. Warna batangnya adalah coklat kehitaman dengan tekstur kasar pada bagian kulit batang.

3. Bentuk Akar

Pada umumnya katilayu mempunyai jenis akar tunggang, sehingga termaksuk dalam jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua dan memiliki warna kulit akar coklat keputihan.

Pada akar tunggang pada pohon katilayu, tumbuh menuju inti bumi dengan kedalaman kurang lebih 20 m.

4. Bentuk Bunga

bunga katilayu

Bunga katilayu termaksuk dalam jenis bunga sempurna. Artinya pada satu tangkai bunga mempunyai putik dan benang sari, putik berfungsi sebagai alat reproduksi betina sedangkan benang sari berfungsi sebagai alat reproduksi jantan.

Bunga katilayu mempunyai warna putih cerah, setiap bunga yang keluar akan menghasilkan buah katilayu.

5. Bentuk Buah

buah katilayu

Buah katilayu mempunyai bentuk mirip dengan buah melinjo. Untuk buah yang masih muda mempunyai warna hijau kekuningan. Lalu buah yang belum masak akan berwarna merah cerah. Sedangkan untuk buah yang sudah masak akan berwarna merah kehitaman atau merah hati.

Biasanya satu tangkai buah akan menghasilkan jumlah buah sangat banyak, kira kira 20 sampai 30 butir buah.

Berikut adalah sedikit informasi tentang pohon katilayu asli, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga pupuk yang biasa di gunakan petani.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.