Fenomenal Pohon Serutan (Mistis, Indah, Berharga)

Pohon serutan
picture by pixabay

Tahukah kamu selain indah ternyata pohon serutan ini juga dikenal sebagai penangkal ilmu hitam, apa saja kegunaan lainnya dari pohon ini berikut ulasan selengkapnya.

Pandangan Pohon Serutan di Dunia Mistis

pohon serutan
pixabay

Dalam dunia supranatural energi negatif selalu menjadi masalah dalam kehidupan manusia, bahkan ada yang dipercaya dapat mempengaruhi psikologi dan fikiran.

Banyak masyarakat menganggap bahwa ada salah satu tumbuhan-tumbuhan tertentu dapat menangkal atau mengobatinya atau sering di sebut mistis salah satunya pohon serutan ini.

Sedangkan mitos itu bisa terjadi karena kepercayaan yang muncul secara turun temurun dari para pendahulu. Orang jawa bilang jare mbah e.

Mitos Tanaman Serut Pendingin Pekarangan

Pohon serutan

Ada yang bercerita ada yang bermain ketempat seseorang dan melihat tanaman serut milik tuan rumah yang memiliki batang lumayan besar. Selain pohon serutan ini ternyata pohon katilayu juga memiliki pandangan yang mistis juga.

Seorang ini mencoba menawar untuk di jadikan bonsai, tanpa saya duga kakek tersebut tidak memperbolehkan.

Karena, tanaman itu memiliki umur yang mencapa 20 tahunan. Dengan rasa penasaran saya tanyakan lagi alasan mendasar mengapa tidak berkenan menjualnya?.

Dengan senyumnya kakek ini menjawab katanya pohon serut apabila ditanam di lingkungan rumah atau pekarangan. Maka akan membawa efek dingin dan sejuk pada rumah kita (Membawa efek tenang dan terkesan tentram katanya).

Katanya Dapat Menangkal Ilmu Hitam

Setelah  melanjutkan pembicaraan dikatakan oleh kakek ini bahwa, secara mitos pohon serut apabila ditanam di pekarangan rumah dapat menangkal energi negatif atau energi mistis yang datang atau sengaja dikirim.

Seperti santet dan lain sebagainya.

Favorit Sebagai Tanaman Bonsai

Bukan hanya banyak manfaatnya, ternyata tanaman ini memiliki bentuk yang indah ketika sudah menjadi bonsai.

Tahukah kamu bahwa tanaman serutan ini ketika menjadi bonsai memiliki harga yang cukup mahal.

Mengnal Sejarah Pohon Serutan

Pohon serutan merah
https://www.pexels.com/id-id/foto/bohlam-bohlam-lampu-bola-lampu-bolam-1108572/

Pohon serut dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sandpaper Tree, Siamese Rough Bush, dan Toothbrush Tree. Nama latin tanaman hias yang termasuk dalam famili Moraceae (nangka-nangkaan) ini adalah Streblus asper Lour.

Pohon serut berukuran sedang dengan tinggai antara 4-15 meter. Kulit batang putih keabu-abuan. Daun serut berbentuk bulat telur, lonjong, dengan panjang antara 4 – 12 cm. Berwarna hijau dengan permukaan daun kasar, tepi daun bergerigi, ujung daun runcing, pangkal daun meruncing, dan tulang daun menyirip.

Merupakan pohon monoecious (berumah satu) di mana bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah namun masih dalam satu pohon. Bunga berwarna kehijauan-kuning dimana bunga jantan muncul di ketiak, kepala peduncled atau paku, sedangkan bunga betina tumbuh berkelompok. Buah berwarna kuning pucat, berbentuk bulat dengan diameter sekitar 8-10 milimeter.

Tumbuhan serut (Streblus asper Lour) tumbuh tersebar di kawasan Asia.

  • Bhutan
  • Kamboja
  • India
  • Indonesia
  • Laos
  • Malaysia
  • Nepal
  • Filipina
  • Sri Lanka
  • Thailand
  • Vietnam.

Sedangkan di Indonesia dapat dijumpai mulai di pulau Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, dan Maluku. Habitatnya adalah semua jenis hutan di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dpl.

Di kalangan pencinta tanaman hias, pohon serut merupakan salah satu primadona. Tumbuhan dari famili Moraceae memiliki bentuk batang, percabangan, dan daun yang eksotis dan mudah dibentuk.

Selain itu tanaman serut pun terkenal bandel dan mudah baik dalam penanaman maupun perawatan. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian banyak dijual sebagai tanaman penghias taman dan bahan bonsai.

Jenis Jenis Pohon Serut

pohon serutan merah

Perlu kita ketahui ada beberapa jenis jenis pohon serut yang perlu kita ketahui diantaranya.

  • Pohon serut merah
  • Pohon serut liar
  • Pohon serut lanang
  • Pohon serut bonsai

Pohon Serut Merah

Serut Merah inilah sebutan lokal untuk tanaman yang memiliki nama latin Chinee fringe atau Loropetalum. Pohon ini hampir mirip dengan pohon serut karena batangnya berwarna putih dan daunnya agag lonjong.

Akan tetapi yang membedakan pohon ini adalah memiliki daun yang berwarna merah dan bunga yang berwarna merah menyala.

Pohon Serut Liar

Streblus Asper aalah nama latin bonsai serut yaitu yang memiliki batang dengan ciriberwarna pucat. Pada daun berukuran kecil dan memiliki warna hijau pucat. Adapun ciri ciri bonsai serut ini adalah.

  • Daun hijau bergerigi
  • Batang berwarna putih
  • Berbatang keras
  • Bunga Putih
  • Berbuah Hijau
  • Bisa berumur ratusan tahun
  • Terdapat di daerah yang lembab

Tips pilihlah sebuah batang dan dahan pohonyang kita inginkan lalu buanglah daun-daun yang ada di tanaman.

Pohon Serut Lanang

Perlu di ketahui bahwa serut lanang dan serut biasa sangat jelas yaitu di lihat dari batangnya yang berduri. Pohon ini mirip dengan pohon jerukan atau kaliage.

Bedanya hanya pada batangnya jika pohon jerukan berwarna hijau sdangkan serut lanang relatif sama dengan serut pada umumnya yang membedakan hanya duri saja.

Pohon Serut Bonsai

Jenis pohon serut yang selanjutnya adalah pohon serut bonsai, biasanya tanaman ini mudah di ketemukan di daerah daerah pe desaan tapi jarang yang mengetahui kalau pohon yang satu ini memiliki potensi yang cukup besar.

Kalau anda ingin mendapatkan tanaman ini kalau sudah diambil dan sudah di bentuk harganya bisa kisaran 2-6 juta itu untuk satu saja bayangkan.

Ciri Ciri Pohon Serut

Sebelum kita mencari pohon yang satu ini alangkah lebih mantapnya kita mengetahui apa saja ciri ciri pohon serutan ini.

Dalam beberapa tahun belkangan ini pohon serut semakin sulit untuk di temukan kalau pun ada pasti usianya sudahlah sangat tua.

Meski demikian pencinta bonsai pasti tidak akan menyia nyiakan pohon serut yang ditemuinya, ada nafsu yang luar biasa untuk mengggali akarnya, mencangkok dan men stek batangnya untuk di bawa pulang.

Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

  • Akar

Akar pohon serut ini berjenis akar tunggak, yang memiliki akar besar dan menuuk lurus ke dalam tanah. Walaupun pohon serut yang tingginya 1 meter akarnya yang menusuk dalam tanah bisa melebihi tinggi pohonnya.

  • Batang

Batang pohon serut berwarna putih memiliki batang yang keras bisa berumur ratusan tahun.

  • Daun

Ciri selanjutnya adalah daunnya, daun pohon serut berwarna hijau dan bergerigi, selain itu pohon serut ini di saat kemarau dia sering mengurangidaunnya dengan cara merontokan daun.

  • Buah

Buah pohon serut ini berwarna hijau dan memiliki bunga yang putih

Berikut adalah beberapa pandangan pohon serutan dalam mistis, keindahan dan ciri-ciri nya semoga bermanfaat.

 

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.