Best Off The Best Pupuk Organik 2019 (Khasiat Serta Keunggulan)

pupuk organik
https://pixabay.com/id/photos/basil-ramuan-herbal-kuliner-3532424/

Assalamu’alaikum, salam sejahtera bagi kita semua semoga kita selalu di berikan kesehatan serta hidup yang berkah amin, ada yang tau apa itu pupuk organik?.

Sebagai seorang petani pasti tidak asing dengan kata memupuk. Tanpa menggunakan pupuk para petani akan merasa kesulitan untuk mengelola unsur hara tanah dan tanamannya.

pupuk itu di bedakan menjadi dua yaitu anorganik (pupuk kimia) dan pupuk organik (pupuk alami), pemupukan yang benar membuat tanah menjadi subur dan mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Pupuk ini adalah pupuk yang tersusun materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan dan manusia.

Pupuk ini biasanya berbentuk cair dan padat, berikut adalah bahan-bahan yang biasa untuk membuat pupuk.

  • Kompos
  • Pupuk Kandang
  • Jerami
  • Limbah ternak

Menurut saya pemakaian pupuk ini lebih baik untuk menjaga kesuburan tanah, karena terbuat dari bahan-bahan alami walaupun prosesnya agak lama.

Jenis Pupuk Organik

jenis pupuk organik
https://pixabay.com/id/photos/pikir-ide-inovasi-imajinasi-2123970/

Taukah kamu?.

Ternyata ada berbagai jenis pupuk yang di gunakan oleh petani, pada umumnya pupuk ini dapat di bedakan dari bentuk serta komposisi bahannya.

Kalau di lihat dari segi bentuk ada padat dan cair, sedangkan dari bahan ada:

  1. Pupuk hijau
  2. Pupuk Kandang
  3. Pupuk Kompos

Sebenarnya pupuk organik itu lebih ramah lingkungan. Walaupun, waktunya prosesnya agag lama, tetapi tidak merusak tanah pada kedepannya.

Berikut adalah keterangan selengkapnya.

Pupuk Hijau

pupuk hijau
https://pixabay.com/id/photos/daun-pinus-hijau-tangan-memegang-691639/

Sudah terlihat dari namanya adalah pupuk hijau pastinya pupuk ini terbuat dari tanaman hijau.

Yang artinya pupuk ini berasal dari pelapukan tanaman, ntah itu sisa panen atau tanaman yang sengaja di tanam hanya untuk di ambil hijaunya saja.

Tanaman yang biasa di gunakan sebagai bahan pembuatannya yaitu dari:jenis leguminosa, atau sejenis kacang-kacangan dan juga tanaman air atau bahasa di sebut azola.

Kenapa jenis ke dua tanaman ini dipilih?.

Karena ke dua jenis tanaman ini memiliki kandungan hara, khususnya adalah nitrogen yang tinggi dan cepat terurai di dalam tanah.

Sedangkan penggunaan pupuk hijau ini langsung di kubur di dalam tanah yang kosong, orang desa biasanya menyebutnya tempat ini tegalan. Sedangkan penimbunan tanaman ini biasa di sebut dengan pengomposan.

Selain itu biasanya petani sengaja menanam tanaman liar yang merambat di pagar-pagar dan pada saat tertentu tanaman ini di potong lalu di ambil hijaunya.

Sedangkan di lahan persawahan, para petani menggunakan tanaman azola atau pakis air yang tumbuh liar untuk di jadikan sebagai pupuk hijau.

Cara penggunaan azola ini langsung di kuburkan ke dalam tanah ketika pengelolaan lahan yang mau di jadikan sawah.

Pupuk Kandang

pupuk kandang
https://www.pexels.com/id-id/foto/kandang-sapi-pertanian-peternakan-sapi-69170/

Pupuk yang satu berasal dari kotoran hewan atau biasa di sebut sebagai pupuk kandang. Secara umum pupuk kandang ini di bedakan menjadi dua yaitu.

  1. Hewan yang kencing
  2. Hewan yang tidak kencing

Berikut adalah contoh jenis hewan yang kencing:

  • Sapi
  • Kambing
  • Kerbau

Sedangkan yang tidak kencing adalah:

  • Ayam
  • Itik
  • Bebek

Karakteristik

Untuk karakteristik hewan yang kencing, waktu penguraiannya lebih lama, memliliki kandungan nitrogen lebih rendah akan tetapi kaya akan fosfor dan kalium.

Pupuk kandang jenis ini cocok sekali di gunakan untuk tanaman yang di ambil buah dan bijinya, seperti kacang-kacangan, mentimun dan tanaman buah.

Sedangkan karakteristik hewan yang tidak kencing, penguraiannya lebih cepat, memiliki kandunga nitrogen yang tinggi, namun fosfor dan kalium tidak terlalu tinggi.

Pupuk ini cocok di gunakan untuk tanaman jenis sayur daun seperti selada, bayam dan kangkung.

Pupuk kandang banyak di gunakan sebagai pupuk dasar tanaman, karena ketersediannya yang cukup melimpah dan prosesnya yang mudah.

Pupuk Kompos

pupuk kompos
https://www.pexels.com/id-id/foto/bohlam-bohlam-lampu-bola-lampu-bolam-1108572/

Pupuk kompos adalah pupuk yang berasal dari pelapukan bahan-bahan organik yang melalui proses yang di sebut biologis dengan menggunakan bantuan pengurai.

Agag ribet ya?, begitulah terkadang pengertian itu agag bulet-bulet hehe.

Pada intinya pupuk ini adalah pupuk yang dihasilkan dari pelapukan bahan dari alam, dah itu simpelnya.

Ada dua organisasi pengurai yaitu:

  • MIkro organisme dekomposer
  • Makro organisme dekomposer

Mikro organisme dekomposer  adalah pengurai sepeerti jamur, bakteri dan kapang.

Sedangkan Makro organisme dekomposer adalah pengurai seperti cacing tanah.

Ada dua metode membuat pupuk kompos yaitu aerob (melibatkan udara) anaerob (tidak melibatkan udara.

Pada masa kini alat teknologi semakin berkembang pesat. Berbagai alat dekomposer beserta metode pembuatannya banyak di temukan.

Sehingga menghasilkan berbagai macam pupuk kompos diantaranya, pupuk bokasi, vermikompos, pupuk cair dan pupuk tablet.

Pupuk Hayati

pupuk hayati
https://pixabay.com/id/photos/bit-makanan-diet-sayur-pertanian-687251/

Pupuk yang satu ini terdiri dari organisme hidup, yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kesuburan pada tanahdan menghasilkan nutrisi yang penting untuk tanaman.

Pupuk hayati bekerja tidak seperti pupuk yang lainnya, yang bisa langsung meningkatkan kesuburan tanah dengan menyediakan nutrisi bagi tanaman.

Dalam bahasa kerennya, pupuk ini secara alami menyediakan nutrisi melalui proses yang di sebut gradual, yaitu dengan cara memfikasi unsur N dari atsmosfer untu melarutkan fosfor dan mensintesis zat yang di butuhkan tanaman.

Keunggulan Serta Khasiat Pupuk Organik (Duel Organik Vs Kimia)

keunggulan pupuk organik
https://pixabay.com/id/photos/pilihan-pilih-memutuskan-keputusan-2692575/

Dilihat dari kandungannya, dapat kita lihat pupuk organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap baik makro maupun mikro.

Namun kelemahannya takarannya sedikit dan komposisinya tidak pasti. Dan setiap pupuk ini memiliki kandungan nutrisi dengan nutrisi dan komposisi yang berbeda-beda.

Sedangkan pupuk kimia sintesis hanya mempunyai beberapa kandungan nutrisi saja, akan tetapi jumlah yang banyak serta komposisi yang pasti.

Untuk lebih detai baca saja 5 pupuk yang terkenal di indonesia ini membahas detail pupuk kimia.

Penyerapan nutrisi zat hara pada pupuk ini lebih sulit di cerna, akan tetapi secara jangka panjang akan meningkatkan kapasitas tukar kation, gunanya memudahkan tanaman menyerap unsur tadi.

Sedangkan pada pupuk kimia sintesis kandungan haranya pun di serap langsung oleh tanaman. Kelemahannya unsur zat hara tersebut sanagat mudah hilang karena erosi tanah.

Pupuk organik baik untuk jangka panjang, karena mempunyai sifat yang menggemburkan tanah dan meningkatkan kemampuan tanah menyimpan air, shingga tana terjaga akan kesuburannya.

Sedangkan pupuk kimia sintesis walaupun mempunyai efek reaksi yang cepat, secara jangka panjang akan mengeraskan tanah dan mengurani kesuburannya.

Dapat kita simpulkan sebenarnya penggunaan pupuk kimia tak selamanya salah, akan tetapi hanya saja, penggunaannya jangan melebihi dosis dan di imbangi menggunakan pupuk organik.

Apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Sekian semoga artikel tentang pukuk ini bermanfaat, terima kasih wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.