Rumah Adat Betawi Lengkap!! Gambar, Beserta Penjelasan.

https://pixabay.com/id/users/thedigitalartist-202249/

Rumah Adat Betawi-Assalaumu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh salam sejahtera bagi kita semua, segala puji dan syukur kita haturkan pada Allah ta’ala kita sampai saat ini masih di berikan kenikmatan yang tiada tara nikmatnya, jika dirimu selalu bersyukur, dan janagan lupa selalu bersolawat pada nabi Muhammad S.A.W yang menjadi sauri tauladan kita.

Indonesia adalah Negara yang sangat beragam yang salah satunya tarian adat betawi, makanan adat Betawi, pakaian adat Betawi.

Dan kali ini mau membahas tentang 5 nama rumah adat Betawi, rumah adat betawi tempo dulu, apa bahan pembuatan rumah adat betawi dan penjelasan lainnya.

 Daftar rumah adat Betawi

  • Rumah Adat Kebaya
  • Rumah Gadang
  • Rumah Adat Panggung
  • Rumah Adat Jogjo

“Rumah adat Sumatera selatan terlengkap!!!”

1.Rumah Adat Kebaya

rumah adat kebaya
by wekipedia.com

Rumah adat kebaya adalah rumah adat asli suku betawi. Secara arsitektur mempunyai ciri dan keunikan rumah adat Jakarta tersendiri baik dari bentuk pondasi, bentuk pendopo, bentuk dinding, bentuk atap dan lain-lain. Untuk lebih detailnya sebagai berikut:

Bahan Untuk Membangun Rumah Kebaya

Pada zaman dahulu yang menepati rumah kebaya ini adalah orang yang di terpandang di masyarakat, bahan-bahannya pun juga tidak sembarangan.

1.Bagian Atap

Bagian atap terbuat dari material genteng tanah atau dari anyaman daun kirai.

2.Bagian Pondasi

Pada bagian pondasi menggunakan susunan batu alam yang telah dibentuk menyerupai umpak. Maksudnya upaya pondasi ini berfungsi sebagai penyangga tiang-tiang agar bangunannya lebih kokoh.

3.Bagian Kuda-Kuda

Kuda-kuda dan gorden rumah adat menggunakan material kayu kecapi dan kayu gowok.

Bagian bangunan pada pendopo dibuat agak luas, di sini tempat meja kursi biasanya.

Reng dan kaso yang dipakai menjadi dudukan atap terbuat dari bambu tali. Reng terbuat dari bambu yang dibelah sedangkan kaso menggunakan bambu yang utuh.

Warna dinding yang dibuat dari bahan kayu nangka biasanya menggunakan warna cerah seperti hijau atau kuning.

Bentuk dinding memakai anyaman bambu secara keseluruhan, adakalanya setengahnya bambu setengahnya tembok bata

Daun pintunya di beri nama jalusi. Berukuran lebar sehingga lubang udara dapat masuk secara maksimal.

Bagian Bagian Ruangan di Rumah Adat Betawi

  1. Paseban (kamar tamu) biasa dipakai untuk tempat tidur bagi tamu yang ingin menginap. Seperti saudara, keluarga besar atau siapa pun yang bertamu, mereka akan ditempatkan di kamar ini. Jika sedang tidak ada tamu, pada ruangan ini digunakan sebagai untuk tempat ibadah.
  2. Pada teras depan diberi kursi yang terbuat dari kayu jati. Tempat ini di pakai untuk menjamu tamu yang datang.
  3. Ruang tempat tidur, rumah ini memiliki ruang umumnya empat ruangan. Pemilik rumah sering menempati ruang tidur yang paling besar.
  4. Pangkeng (ruang keluarga) biasa digunakan untuk berkumpul keluarga dan tempat untuk mengobrol pada malam hari.
  5. Sementara srondoyan (dapur) berada di bagian paling belakang yang juga bersatu dengan ruang maka

Keunikan Rumah Kebaya Adat Betawi

Rumah adat suku betawi mempunyai nilai filosofis tersendiri, mungkin karena model bangunannya seperti kebaya. Jika kita lihat dari samping rumah, akan nampak bangunan ini seperti lipatan pakaian kebaya. Dan juga kebaya memang termasuk pakaian tradisional betawi yang hingga kini masih digunakan terutama di upacara-upacara adat atau acara resmi.

Seperti yang kita jelaskan di atas, salah satu ruangan di rumah adat betawi adalah pendopo, yang biasa digunakan sebagai menerima dan menjamu tamu. Ruangan ini lumayan luas, bersih dan juga dilengkapi dengan kursi. Tentu, konstruksi ini memiliki makna bahwa orang betawi senantiasa terbuka tidak membedakan.

Rumah Kebaya biasanya juga dilengkapi dengan pagar yang mengitari sekitar teras. Ini menandakan bahwa orang suku betawi meskipun terbuka bagi siapapun, akan tetapi tetap memiliki batas-batas tertentu dalam hal yang negatif oleh mereka, terutama dalam pertimbangan nilai agama.

“Rumah adat Maluku yang paling dicari!!” 

2.Rumah Gadang

rumah adat betawi gadang
by betawikita.id

Walaupun hanya rumah kebaya yang sah menjadi rumah adat Betawi, tidak ada salahnya kita semua mengetahui beberapa hal mengenai rumah Gudang. Rumah Gadang satu ini biasanya terletak di daerah terpencil, sehingga bangunannya masih asli, belum terpengaruh oleh budaya luar.

Rumah Gudang berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang beragam. Atap rumah gudang berbentuk semacam pelana kuda dan disusun dengan kerangka kuda-kuda. Bagian depan rumah diberi atap yang miring yang sering disebut markis atau topi . Markis ini berguna untuk menahan paparan sinar matahari dan air hujan.

Rumah ini dibagi hanya menjadi dua bagian, yaitu bagian depan dan tengah. Sementara untuk yang bagian belakang disatukan dengan bagian tengah. Ruangan bagian depan dipakai untuk menerima tamu. Sedangkan ruangan bagian tengah biasa digunakan untuk ruang berkumpul, saling sapa ,bercanda keluarga.

3. Rumah Adat Panggung

rumah adat panggung
by blogspot.com

Rumah panggung adalah termasuk dari salah rumah suku betawi. Rumah ini biasa dibangun oleh orang betawi yang tinggal di sekitar pesisir pantai. Yang kebanyakan dari mereka adalah para nelayan. Bangunan ini berbentuk seperti panggung karena memang keadaan alam yang berada di sekitar pesisir pantai, juga supaya kalau ada pasang air laut tidak membanjiri rumah.

Adapun untuk bahan-bahan, rumah ini dibangun dari bahan bambu atau kayu yang tingginya kurang lebih 1,5 – 1 m dari dasar tanah. Rumah ini biasa ditopang dengan banyak tiang, akan tetapi tergantung besar kecil atau panjang lebarnya sebuah bangunan.

Pada rumah ini terdapat tangga yang dipakai untuk naik ke rumah. Sedikit dan banyaknya anak tangga tergantung ketinggian rumah tersebut. Sementara pada bagian bawah, berfungsi sebagai resapan air laut yang menggenang.

4.Rumah Adat Joglo

rumah joglo
rumahmitula.co.id

Bangunan rumah adat yang satu ini mirip dengan rumah adat dari Jawa, terutama bagian atapnya. Rumah Joglo Betawi ini mempunyai bentuk bujur sangkar, dan rumah Joglo terbagi menjadi tiga ruang, yaitu ruang depan, tengah dan belakang.

Ruang depan di beri nama dengan serambi depan, ruangan ini berfungsi untuk menerima tamu. Untuk ruang tengah di gunakan untuk ruang makan, ruang berkumpul keluarga dan juga sebagai ruang tidur. Sedangkan pada ruang belakang digunakan untuk dapur dan kamar mandi.

Rumah Joglo terletak di tengah kota. Tetapi sekarang ini rumah Joglo Betawi sudah menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar.

Dapat disimpulkan bahwa rumah tradisional adat Betawi terdiri dari  jenis yaitu Rumah kebaya, Rumah Gudang, Rumah panggung dan Rumah Joglo. Akan tetapi rumah adat Betawi yang resmi adalah rumah Kebaya.

Semakin pesatnya kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi membuat budaya luar mudah masuk ke dalam kehidupan di Negeri ini. Jangan sampai kebudayaan asli Indonesia hilang hanya karena pengaruh dari luar.

Sekian teman ini adalah kebudayaan di negeri kita, patutlah kita bangga dengan ini semua, hanya di negara kita perbeda itu menjadi satu, yaitu pancasila. Akan tetapi semua perbedaan itu bersatu dengan satu syarat, kita saling menghormati satu sama lain, dan jangan saling mencaci, salam indonesia bersatu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.